Cara Belajar Agar Mendapat Nilai Bagus

Cara Belajar Agar Mendapat Nilai Bagus
Cara Belajar Agar Mendapat Nilai Bagus Saat ujian - Banyak teman saya mengatakan bahwa mereka kesulitan dalam belajar. Mereka menganggap belajar itu adalah hal yang paling menyebalkan (mereka, siapa?) dan apalagi belajar pelajaran yang tidak mereka sukai. Lalu, bagaimanakah agar sobat bisa belajar dengan efektif, apa yang harus kita lakukan? Oke, mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

Cara Belajar Agar Mendapat Nilai Bagus Saat Ujian


Belajar sendiri adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat dengan cara mendalami atau mengulang apa yang telah dipelajari. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.Nah, lalu bagaimana sih caranya agar sobat mendapat nilai yang bagus saat ulangan? simak caranya dibawah ini.

  • Aktif Mengikuti Pembelajaran
Nah, cara yang paling utama adalah Tidak Membolos Saat Pembelajaran, anda harus aktif dalam mengikuti Pembelajaran, apapun mapelnnya. Aktif di sini bukan berarti selalu berangkat ke sekolah saja, namun Aktif di sini adalah selalu mengikuti proses pembelajaran di sekolah dengan baik, memperhatikan dan selalu mengerjakan setiap tugas yang di berikan oleh Bapak atau Ibu guru dengan baik. Ini akan membantu anda dalam mendapat nilai bagus tahap pertama. Mulai sekarang, sobat yang sering membolos harus segera membuang jauh kebiasaan ini (buang kemana?), buang kebiasaan ini mulai dari sekarang!
  • Memiliki Rangkuman Materi Inti
Dalam semua mata pelajaran pasti memiliki materi Inti atau pokok . Nah, anda sebaiknya memiliki rangkuman materi tersebut, usahakan rangkuman ini anda tulis dengan rapi, sehingga mempermudah anda dalam mempelajari kembali materi tersebut. Bagi sobat yang tidak suka mencatat pelajaran anda, sobat harus mulai untuk mencatat pelajaran-pelajaran terpenting jika ingin mendapatkan nilai bagus. "apa dengan mencatat anda akan mendapat nilai bagus?" tentu saja tidak! anda harus mempalajarinya lebih lanjut lagi.
  • Mengulang Kembali Materi Tersebut
Setelah anda mencatat apa yang telah Bapak Ibu guru berikan, cara yang efektif adalah membaca kembali ringkasan tersebut, sampai anda memahami materi tersebut. Apa saja yang harus di ulangi? anda harus mengulangi catatan kecil anda dan mencari referensi untuk memperkuat materi pelajaran anda ini, supaya pengetahuan yang sobat dapatkan semakin luas. Jika anda kurang paham anda dapat menannyakan kepada Bapak/ibu guru kembali.
  • Hindari sistem KBS (Kebut Belajar Semalaman)
Sering saya temui teman saya yang melakukan teknik ini dalam belajarnya. Namun, saya rasa teknik ini tidaklah efektif, mengapa? Banyak pelajar menerapkan sitem KBS (Kebut Belajar Semalaman) dalam belajar. Cara ini tidak Efektif, karena KBS akan membuat anda lelah, ketika anda Kebut suatu materi dalam Satu Malam anda akan kurang istirahat, anda akan merasa lelah, sehingga pada waktu anda mengikuti proses KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar) di sekolah anda akan kurang konsentrasi dalam pembelajaran.
  • Disiplin
Pada cara ini paling menentukan apakah anda akan berhasil atau tidak dalam melakukan sesuatu hal apapun. Disiplin di sini selalu mengerjakan Tugas dengan bauk, memiliki waktu untuk belajar, dan selalu menjalankan apa yang telah anda atur dengan Disiplin. Jika anda disiplin dalam menjalankan aktifitas anda, apa yang anda inginkan atau targetkan pasti akan lebih baik daripada anda mengerjakannya dengan bertele-tele. Semangat, Disiplin!
  • JUJUR
Nah, kunci untuk sukses itu adalah dengan menggunakan kejujuran sebagai landasan anda. Sedikit curhat *husss, saya tidak suka dengan namanya menyontek saat ujian ataupun ulangan harian (yang bener?). Apalagi jika melihat teman saya menyontek itu adalah hal yang paling saya tidak sukai, terlebih kalau dia (yang menyontek) mendapat nilai bagus daripada nilai saya.. tapi saya memiliki tuhan  yang maha Adil, dan saya percaya nilai mereka bukanlah nilai yang berkah. So, saya sekarang menghiraukan mereka yang tidak jujur dalam berkompetisi (perlu diingat! bahwa dengan menyontek saat ujian adalah bibit penhambat anda untuk mendapatkan kesuksesan) jadi yang memiliki Hobby "Buka Jimat" saya anjurkan untuk segera menghilangkan kebiasaan ini.
  • Perbanyak Mengerjakan Soal-soal Latihan
Dengan cara ini anda akan mengetes seberapa besar anda menguasai materi tersebut. apakah anda belum tuntas atau anda sudah tuntas dalam materi tersebut. Jika anda kurang tuntas dalam materi tersebut, sebaiknya anda mempelajari kembali apa yang belum anda mengerti dalam materi dan menanyakan kepada Bapak atau Ibu Guru di sekolah. Kerjakan soal anda mulai dari level terendah (mudah) menuju ke level yang lebih tinggi (sulit).
  • Kerjakan apa yang Paling Mudah
Ketika anda mencoba menerapkan kemampuan anda untuk mengerjakan Soal-soal, sebaiknya mulailah dari soal yang termudah menuju ke soal yang lebih sulit. Ini akan membantu anda lebih mudah dalam mengerjakan Soal tersebut, ketika anda mencoba mengerjakan soal yang sulit terlebih dahulu, itu akan menguras waktu dan pikiran lebih besar, dan belum tentu Jawaban anda benar, lebih baik anda mengerjakan dari soal yang termudah.
  • Memperbanyak Pengetahuan
Dalam era globalisasi saat ini mempermudahkan kepada kita untuk memperkaya pengetahuan kita. Kita dapat mencari itu dari berbagai sumber, dari Media Televisi, Buku-Buku, Koran, Internet, dll. dalam pembelajaran yang efektif, sebaiknya kita memperbanyal pengetahuan kita dengan cara membaca buku, mencari di internet dll.
  • Berdoa & Meminta Pertolongan kepada Allah
Mungkin tips terakhir ini, yang paling menentukan apakah anda berhasil atau tidak dalam melakukan sesuatu hal. Dekatkan diri anda kepada Allah, karena dengan bimbingan-Nya anda akan diberikan kemudahan dalam melakukan sesuatu hal. Karena Tuhan lah yang memberikan hikmah kebijaksanaan-Nya dari sorga.

Nah, mungkin hanya sederhana Tips Belajar Agar Mendapat Nilai Bagus Saat ulangan. Ini bukan untuk acuan anda dalam belajar, saya hanya sekedar berbagi kepada anda tentang apa yang saya lakukan ketika belajar paling efektif.

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
1/09/2016 12:22 AM delete

Tipsnya tepat mas, satu lagi, jangan banyak begadang, biar ndak gampang lupa, hehehe.

Reply
avatar
1/09/2016 9:42 AM delete

Wah tips nya bener - bener mantep sob, hal yang terakhir itu bener - bener jangan di lupain. Kalau ampe lupa ga bakal dapet apa yang lu inginin deh.

Reply
avatar
2/16/2016 4:54 PM delete

Benar mas mungkin bisa ditambahkan itu tipsnya, semoga bermanfaat artikelnya..

Reply
avatar
2/16/2016 4:55 PM delete

Benar sekali mas, intinya kita harus mengawali segala akgi dg atas kita dengan berdoa.. semoga bermanfaat artikelnya.

Reply
avatar

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila ada suatu hal yang ingin dipertanyakan atau kita diskusikan, silakan untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Sukses... :) EmoticonEmoticon