Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis


            Bagaimana Cara Membuat Batik? Langkah-Langkah Pembuatan Batik? Temukan Caranya dengan anda membaca tulisan saya berikut ini. Jangan merasa sulit kalau anda belum mencobanya.


           Pada kesempatan ini saya akan memberikan kepada sobat Tips Pelajar mengenai bagaimanakah Cara membuat Batik Tulis. Okee, sebelum kita mengetahui cara membuat batik tulis tersebut, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu yang dinamakan batik tulis.


wayang

Batik Tulis

          Batik merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan Keraton. Batik terdiri dari berbagai motif dan setiap motif merupakan simbol bagai pemakainya, seperti motif parang dan motif kawung yang hanya boleh di kenakan oleh keluarga kerajaan. Pada perkembangannya, batik menyebar ke kalangan masyarakat umum.

          Dan berikut saya akan memberikan kepada sobat, bagaimanakah cara membuat kerajinan batik tulis. Untuk lebih jelasnya baca tulisan saya di bawah ini. Ada beberapa alat dan langkah-langkah yang harus di perhatikan. Dan berikut ulasannya :

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis


I.              Alat dan Bahan
  1.        Canting (alat corong dengan tangkai kayu yang digunakan untuk membatik)
  2.       Gawangan ( tempat yang digunakan untuk meletakkan kain yang akan dibuat batik. Biasanya alat ini dibuat dari bambu)
  3.        Wajan
  4.       Anglo atau Kompor kecil
  5.        Malam atau Lilin
  6.       Bahan pewarna (wedel atau tom)
II.           Langkah Kerja
  1.        Siapkan kain, buat motif diatas kain dengan menggunakan pensil atau lebih mudahnya gunakan kertas karbon
  2.        Setelah motif selesai dibuat, sampirkan kain pada gawangan
  3.       Nyalakan Kompor kecil atau Anglo. Letakkan lilin atau malam ke dalam wajan dan panaskan wajan dengan api yang kecil sampai malam tersebut mencair dengan sempurna biarkan api tetap menyala kecil 
  4.       Mulailah membatik dengan cara mengambil  sedikit malam cair dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas, kemudian goreskan canting dengan mengikuti motif  yang telah ada. Hati-hati jangan sampai malam cair menetes diatas permukaan kain karena akan mempengaruhi hasil motif batik.
  5.        Setelah semua motif tertutup malam, maka proses selanjutanya adalah melaksanakan proses pewarnaan.
  6.       Siapkan bahan pewarna yang telah anda siapkan kedalam ember, kemudian beri air yang secukupnya, kemudian celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna dengan menggunakan kuas, ulangi sampai beberapa kali untuk hasil yang lebih baik
  7.       Tahap selanjutnya adalah proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod (menghilangkan lilin secara keseluruhan dengan cara pendidihan di dalam air panas atau lebih tepatnya lagi air hangat, sehingga lilin meleleh dan terlepas dari kain). 
  8.       Tahap terakhir dari proses pembuatab batik ini adalah proses pencucian dan penjemuran. 
  9.       Selesai, anda sudah memiliki kerajinan batik karya anda sendiri.

          Demikian, saya telah memberikan kepada sobat tulisan saya di Tips Pelajar mangenai bagaimanakah Cara Membuat Batik Tulis. Semoga langkah-langkah yang saya berikan kepada sobat ini mudah sobat ketahui dan sobat dapat membuat Kerajinan Batik Tulis ini dengan baik, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

          Terima Kasih anda telah membaca Tulisan saya ini, semoga bermanfaat bagi anda dan apabila ada kesalahan dalam penulisan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Terakhir apabila anda akan mengCOPY tulisan saya ini, ada baiknya anda mencantumkan nama sumber >> bagasajiharvian.blogspot.com << TERIMA KASIH.

TAG : Batik Tulis, Cara Membuat Batik, Cara Membuat Batik Tulis, Membuat Batik Mudah

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »