ARTIKEL-ARTIKEL TERBARU:

Cerita Bagaimana Saya Mengenal Potensi Diri Bersama Youthmanual

Hallo, sobat! Pernahkah kamu berpikir tentang masa depan kamu? Apa yang kamu bayangkan? Apakah itu kesuksesan atau malah kegagalan? Memikirkan kejadian dimasa depan belum tentu akan sama dengan apa yang kita pikirkan dimasa sekarang, bisa saja itu melenceng dari perkiraan kita, atau juga bisa terjadi seperti apa yang kita pikirkan. Terlepas dari takdir yang ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa tentang masa depan kita, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memberikan gambaran masa depan yang cerah. Dibutuhkan kualitas diri yang unggul, kompetitif, dan memiliki potensi-potensi yang baik untuk menunjang tercapainya masa depan yang berkualitas.

"Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan mimpi-mimpi mereka."– Eleanor Roosevelt

Oleh sebab itu, kita harus mengenali dan mengembangkan potensi-potensi yang kita miliki untuk mempersiapkan diri menuju masa depan yang kita inginkan. Masa depan bukanlah apa yang kita pikirkan hari ini, tetapi langkah-langkah apa saja yang harus kita wujudkan untuk mimpi itu. Bagaimana kita dapat mengenali potensi diri kita? Disini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang bagaimana saya mengenal potensi diri saya dengan dibantu oleh Youthmanual.com, apa itu Youthmanual? Yuk kita bahas..

Bukanlah Mimpi Disiang Bolong
Bukanlah Mimpi Disiang Bolong
Pernah saya bermimpi tentang masa depan saya, yang ada di mimpi saya hanyalah sebuah kesuksesan, dimana saya menjadi seorang CEO perusahaan digital yang memiliki jaringan besar di dunia atau seorang atau Ahli Matematika yang terkenal di dunia, dimana saya mempunya istri yang saya sangat idam-idamkan, dimana saya memiliki jet pribadi, dan dimana saya hidup bahagia. Apa salahnya jika saya bermimpi menjadi orang yang sangat sukses? Tentu tidak salah, yang salah adalah ketika saya hanya bermimpi dan tidak melakukan tindakan nyata untuk mencapai mimpi saya tersebut di masa depan.

"Ada potensi mengagumkan dalam diri setiap insan manusia. Percayalah pada kekuatan dan masa muda Anda. Belajarlah untuk tanpa henti berulang-ulang mengatakan kepada diri sendiri, 'Itu semua tergantung padaku.' "- AndrΓ© Gide

Saya yakin dengan melakukan berbagai tindakan yang positif, itu dapat memberikan gambaran tentang masa depan apa yang saya dapatkan. Saya mencoba untuk memaksimalkan waktu yang saya miliki untuk mengisinya dengan berbagai aktifitas yang produktif serta bagaimana saya dapat mengenal dan mengembangkan potensi-potensi diri saya dalam kehidupan keseharian saya.

Hingga pada suatu saat saya mencari informasi bagaiama cara mengembangkan potensi-potensi yang kita miliki, serta apa pentingnya mengenal diri sendiri untuk masa depan. Saya mendapatkan bahwa dengan mengenal diri sendiri kita dapat menentukan jalan hidup dengan pilihan yang tepat dan mampu mengetahui potensi diri. Sehingga pentingnya kita untuk mengenal diri sendiri tidak dapat dihiraukan lagi, ibarat peribahasa "Tak kenal, maka tak sayang".

Pengen Kuliah Bingung Ambil Jurusan
Pengen Kuliah Bingung Ambil Jurusan
Saya merasa bingung ketika ingin mengambil kuliah jurusan apa? Karena dengan minimnya informasi dari pihak sekolah dan guru BK, mau tidak mau saya harus mencari informasi sendiri. Dengan mimpi saya menjadi CEO Perusahaan digital atau Ahli Matematika, saya mencoba untuk mencari informasi tentang jurusan kuliah apa yang cocok dengan impian saya itu. Ternyata informasi tersebut mengatakan bahwa saya harus mengambil Teknik Informatika, disana memperlajari seputar programming. Saya tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa Teknik Informatika ini. Dengan bermodalkan nilai raport yang lebih dari pas-pasan pada saat SNMPTN saya menaruh jurusan TI ini diminat nomor satu dengan PTN Undip pada waktu itu. Setelah menunggu kurang lebih satu bulan, saya melihat pengumuman dan ternyata saya dinyatakan tidak lolos, sempat kecewa juga sih kenapa tidak lolos. Tetapi saya mencoba untuk bersabar dan menunggu SBMPTN.

Dengan tidak mau mengulang kegagalan SNMPTN, saya belajar untuk SBMPTN. Saya tidak main-main untuk mengambil jurusan, jurusan TI terlalu tinggi menurut saya, sehingga saya harus mencari jurusan kuliah yang sesuai minat dan potensi saya. Saya juga tidak mau untuk salah mengambil jurusan kuliah, sehingga saya mencoba mencari informasi bagaimana cara agar bisa lolos SBMPTN dengan minat jurusan saya dan ternyata salah satu caranya dengan mengetahui potensi diri. Lalu bagaimana saya mengetahui potensi saya? dimana saya bisa mengetahuinya? Dimana saya tahu potensi jurusan kuliah? Saya berpikir-pikir.. Setelah saya mencari berbagai informasi, saya menemukan Youthmanual.com situs yang dapat membantu pelajar untuk merancang dan mempersiapkan masa depan mereka. Apa itu Youthmanual?

Apa Sih Youthmanual Itu?

Apa Sih Youthmanual Itu?
Youthmanual adalah startup karya anak bangsa yang dibuat untuk membantu siswa-siswi di Indonesia untuk merencanakan dan merancang masa depan mereka, sesuai apa yang sebelumnya mereka impikan. Dengan berbagai fitur keunggulan yang dimiliki oleh Youthmanual, memudahkan pengguna untuk mencari informasi dalam menentukan pilihan jurusan kuliah dan karier mereka. Youthmanual bertujuan untuk membimbing generasi muda untuk menentukan nasib masa depan mereka secara ilmiah dengan berdasarkan potensi individu yang dimiliki.

Di Youthmanual kamu dapat menemukan gaya belajar yang pas, bakat dan minat yang kamu miliki, serta potensi diri untuk menunjang masa depan kamu. Tidak lupa juga Youthmanual akan memberimu bimbingan tentang tips sukses. Saya merasa senang bisa mencoba dan menggunakan fitur-fitur dari Paket Premium Explorer Youthmanual dengan harga 79 Ribu ini. Banyak hal yang saya dapatkan dari menggunakan Paket Explorer Youthmanual ini. Tentu bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat potensi diri, kamu bisa menggunakan Paket Premium Youthmanual ini sob..Harga tersebut tidak ada apa-apanya dengan ilmu yang akan kamu dapatkan dari Youthmanual sob! Jadi tunggu apa lagi? Bergabung dan dapatkan pengalamanmu menggunakan fitur-fitur Premium Youthmanual ini sob!

Eitsss, mau kemana? Tunggu dulu.. Jangan tinggakan artikel ini dulu sob! Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam menggunakan fitur-fitur dari Premium Youthmanual Explorer yang super keren dan luar biasa ini sob! Yuk sama-sama simak..

Mungkin kamu masih bingung sama cara kerja Youthmanual ini ya sob? Atau kamu masih kepo sama fitur dari Youthmanual Premium? Pertama kali sebelum mencoba fitur-fiturnya saya juga kepo maksimal, seberapa besar sih kinerja Youthmanual dalam membantu saya menemukan potensi diri saya. Dengan masih kepo, akhirnya saya mencoba fiturnya, ternyata fiturnya lengkap banget! seru dan memang benar YM bisa membantu saya dalam menemukan minat, gaya belajar yang pas dan potensi diri saya. Hmmm, informasi yang saya cari tentang dunia karier dan kuliah pun dengan mudah saya dapatkan disini, terlebih saya bisa mengenal potensi saya kedepannya. Mantaplah pokoknya!

SELAMAT BERGABUNG DI YOUTHMANUAL
Sambutan pertama ketika kita berhasil login menggunakan akun Youthmanual Premium Rp.79.000,- Tampilan websitenya sangat responsif banget sob! Sehingga kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone atau laptop kamu tanpa ada kesalahan laman. Setelah kita berhasil login menggunakan akun Youthmanual Premium, kita akaun disambut Peta ajaib! eh, peta perjalanan maksudku, hehee.. seperti ini tampilannya:
PETA AJAIB!
Kamu harus bisa menyelesaikan semua modul yang telah diberikan oleh Youthmanual untuk mengetahui seberapa besar potensimu untuk menggapai mimpi. Kamu bisa menjawab semua pertanyaan untuk mendapatkan hasil yang menggambarkan diri kamu dan potensi diri kamu. Kamu bisa mendapatkan hasil jawaban kamu dan informasi-informasi seputar kiat-kiat untuk sukses yang bermanfaat, setelah kamu menyelesaikan tugasnya. Selesaikan dengan menjawab sejujur-jujurnya, karena agar hasilnya lebih akurat.

Untuk sementara ada fitur-fitur yang masih terkunci, karena masih ada pengembangan dan akan segera di hadirkan untuk anda. Sementara ini saya juga baru mencoba 5 modul untuk mengenali potensi diri saya, tapi tenang sob! masih banyak modul-modul yang segera hadir, karena masih banyak modul-modul lainnya dalam tahap pengembangan. Jadi tinggal menunggu beberapa waktu untuk menikmati layanan modul selanjutnya.
MODUL PERJALANAN


Lalu, Bagaimana Cara Mengetahui Potensi Diri Saya?
Peta diatas yang bakalan menemani kita menyelesaikan modul-modul yang akan memberikan hasil seakurat mungkin, karena dilakukan secara ilmiah. Ada beberapa tahap yang kita harus laksanakan untuk mengetahui potensi kita. Hasilnya akan kamu dapatkan setelah selesai mengerjakan modul-modulnya. Berikut adalah tahap-tahap dalam menggunakan Youthmanual Explorer untuk mengenal potensi kita. Saya akan menceritakan keseruan ketika saya mencoba semua itur yang ada di Paket Youthmanual Premium ini sob! yuk simak bareng-bareng..

1. Pengenalan Diri
Pengenalan diri disini, kita disuruh untuk mengisi data diri kita, boleh dibilang kita kenalan sama Youthmanual lah, karena "tak kenal, maka tak sayang". Pastikan data diri yang kamu cantumkan adalah data yang benar. Saya juga sudah mengisi semua data diri dengan sebenar-benarnya. Nanti kalau kamu masih pelajar, kamu pilih pelajar sob! jangan sampai pilih mahasiswa, karena fitur-fitu yang akan kamu dapatkan nantinya akan sedikit berbeda loh! jadi jangan sampai asal isi ya! Lanjut ke tahap ke-dua ya sob! Kembali ke peta dulu sob!

2. Kenali Kepribadian
Setelah kita saling kenal-kenalan, selanjutnya kita mengikuti modul yang pertama, yaitu adalah Kepribadian. Youthmanual akan membantu kamu untuk mengenali kepribadianmu lebih dalam, dengan cara menjawab semua pertannyaan yang diberikan. Yah, untuk kali ini juga harus jujur juga sih. Oke, jawab sejujurnya aja dah, pertanyaannya gak susah sob! cuma seperti ngisi survei gitu loh.. Disini kita akan tahu bagaimana kita dalam mencari informasi, dimana letak kelemahan kita, Gaya belajar dan bekerja kita, Tokoh dunia yang mirip kita, pilihan karir untuk kita, diri kita dalam lingkungan sosial. Nah, setelah saya menjawab semua pertanyaan yang diberikan YM (Youthmanual), ini hasil yang saya dapatkan sob!
Kenali Kepribadian
Hasilnya saya adalah seorang yang INTP, hasilnya pas banget sama kepribadian saya sesungguhnya. Dari saya orangnya yang super pendiam dan cerewet cuma pas debat, itu saja sudah benar sekali, pokoknya saya banget dah! Disini saya juga jadi tahu tentang kekuarangan diri saya itu apa saja, ternyata salah satu kekurangan saya itu adalah ketika saya menjelaskan suatu hal itu selalu menggunakan cara saya sendiri dan kadang hanya sendiri yang mampu mengetahui maksud penjelasan saya ini, sehingga saya kira orang lain pun sulit untuk memahaminya. Banar saja, sebagai contoh waktu di kelas ada teman saya yang tanya rumus sama saya, nah pas saya jawab dia malah kelihatan bingung, jadinya saya pun juga bingung mau jelasin kayak gimana, soalnya cara yang saya pakai tidak sama dengan cara yang dipakai guru saya, hadehh.. Tetapi jawabannya sama. Nah, pokoknya hasil yang saya dapatkan di modul Kenali Kepribadian ini bisa pas banget dah, tetapi disini saya juga menjawabnya dengan sejujurnya, Bagi kamu yang masih kepo, jangan lupa untuk bergabung sob! Selamat mencoba sob!

*Sebelum mengerjakan modul-modul selanjutnya, kita akan mengikuti dan memperhatikan rulesnya dibawah ini:
Rules
Jadi usahakan ketika akan mengerjakan modul-modul selanjutnya, kamu memiliki konsentrasi yang baik, pastikan lingkungan sekitarmu tenang dan tidak ramai yang bisa membuat konsentrasimu buyar. Nah, sekali lagi mengingatkan, ketika mengisi jawaban pada modul atu assessment, kita harus jujur agar hasil yang kita dapatkan nantinya sesuai dan akurat. Nah pastikan jangan terburu-buru, karena hanya dapat diisi sekali saja. Nah setelah selesai, kamu dapat melihat hasilmu. Walaupun saya sudah baca peraturannya, saya tetap terburu-buru, jadinya ada beberapa yang salah klik, ini buat pembelajaran kamu yang mau mencoba Youthmanual ya sob! jangan sampai lupa yang satu ini sob! Yuk lanjut ke perjalanan selanjutnya..

3. Kenali Minat
Oke, kita lanjtkan untuk menuju perjalanan selanjutnya, kita akan menuju ke Modul Kenali Minat, disini kamu bisa menemukan minat-minat yang kamu cari sesuai potensi diri kamu. Setelah menyelesaikan modul kenali minat ini kita akan mengenal kegiatan apa yang menurut kita menarik, serta  kemampuan dan profesi apa yang bisa memikat kamu. Pertanyaanya cukup anda jawab dengan setuju dan tidak setuju atau netral. Gak usah dibikin pusing ketika mengerjakan ini, cukup tenang dan jawab sesuai apa yang kamu miliki saja, selow sob! Nah, lha ini dia hasil minat yang saya miliki.
Kenali Minat
Waduh, ternyata minat saya terdapat pada dunia analisis, apakah itu karena saya suka berhubungan dengan angka dan data? Atau bagaimana?  itu semua hasilnya sesuai apa yang saya jawab dalam pertanyaan modul kenli minat ini. Rasa ingin tahu saya yang tinggi dan tidak bisa menerima informasi begitu saja ternyata cocok dengan The Curious Analyst. Ini pengetahuan baru yang belum saya dapatkan sebelumnya. Memang mantap jiwa Youthmanual Premium ini.. Tapi tidak hanya berhenti sampai disini saja sob! masih banyak cerita mernarik lainnya dalam menggunakan Youthmanual Premium ini, yuk ke perjalanan saya selanjutnya..

Eh, Tunggu dulu deng.. Ternyata ada bonus harta karun seru loh, Sebelum saya menuju ke Modul ke 4, saya menemukan sebuah harta karun yang berisi tentang Pengenalan Gaya Belajar, wih bakalan seru nih pikir saya. Ternyata seru juga sob! kita mengisi minat kita tentang gaya belajar, agar kita dapat menemukan gaya belajar yang tepat untuk kita. Dengan mengetahui gaya belajar yang pas untuk kita, tentu itu akan membuat belajar kita lebih efektif. Pada final report kita akan mendapatkan tips-tips jitu tentang belajar yang efektif dari Youthmanual. Gaya belajar yang saya sukai adalah dengan kondisi yang tenang, saya perlu motivasi dari orang lain yang bukan lain adalah orang tua saya, saya lebih nyaman belajar sendiri ketimbang kerja kelompok, dan masih banyak lagi sob! Lalu mana gaya belajarmu? eh, gabung dulu dong sama Youthmanual premium! Mumpun ada diskon juga kan? Tunggu apa lagi, saya jamin seru!

4. Kenali Kemampuanmu
Nah, disini adalah modul yang tepat bagi kamu yang ingin mengenali kemampuanmu, pada perjalanan kali ini kita harus mengasah otak kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Beda banget sama modul-modul sebelumnya. Logika kamu disini harus main, seperti soal SBMPTN loh pertanyaannya. tapi tidak terlalu sulit dan banyak seperti soal TKD sob! Disini kita juga bisa mengetahui jurusan kuliah dan profesi sesua kemampuan loh sob! Jadi kerjakan dengan serius, sebelumnya perhatikan dulu berikut ini:
Kenali kemampuanmu
Disini diberi batasan waktu, sehingga kamu harus cepat, dan tepat dalam mengerjakan ada 6 tipe modul yang diberikan pada modul pengenalan kemampuan ini, yaityu pengenalan pola, penggunaan fakta, penalaran angka, daya bayang bentuk 3D, ketelitian, dan pemahaman bacaan. Setelah kita mengerjakan 3 modul pertama, kita akan diberi waktu break 5 menit, gunakan break ini dengan baik ya.. :D
Slider
Nah sebelum memulai mengerjakan modul yang satu ini, sebaiknya kamu persiapkan energi kamu dulu. Ketika saya menjawab pertanyaan ini, perut saya bermasalah,nah ini membuat panik? kenapa membuat panik? karena jika harus ke toilet tentu itu akan menghabiskan waktu, sehinga kamu dapat belajar dari cerita saya ini. Sebelum mengerjakan pastikan semua dalam kondisi yang baik, mulai dari akses internet, tubuh, dan baterai. Oh iya, seperti modul-modul sebelumnya, hasil akan keluar setelah kamu selesai mengerjakan.

Kita akan mendapatkan 6 hasil dari keenam modul yang diberikan. Youthmanual akan memberikan kepada kita tentang derkripsi dari ke-6 hasil pekerjaan modul kita. Pada setiap deskripsi akan diberikan poin-poin kemampuan kita, pengaruhnya dalam kehidupan kita, hal yang mudah dan hal yang sulit bagi kita, Serta tidak lupa Youthmanual juga memberikan kita tips sukses untuk ke-6 hasil tersebut. Gunakan tips-tips dari Youthmanual dengan baik, agar dapat wujudkan mimpi masa depanmu. Begini kira-kira hasil yang nantinya kamu dapatkan:
Slider
Dari hasil yang saya dapatkan, ternyata saya cocok untuk pengolahan data berupa angka. Benar saja hasil yang saya dapatkan, saya kesulitan jika mengerjakan data yang tidak berhubungan dengan angka, serta saya hanya bisa merencanakan dan sulit untuk mengeksekusi rencana saya tersebut. Boleh dibilang Youthmanual sangat akurat dalam memberikan hasil. Oh, iya tidak lupa saya berterima kasih sudah diberikan tips sukses yang dapat membantu saya untuk memperbaiki segala kekurangan saya. Jadi tunggu apalagi? segera bergabung bersama Youthamnual.com sekarng juga!

5. Kenali Personal values
Jika kita berbicara tentang apa yang penting dalam hidup adalah nilai-nilai bermasyarakat, nilai-nilai disini diantaranya, nilai rohani, nilai norma-norma, nilai pendidikan yang kita sudah pelajari dan dapatkan dari kehidupa bermasyarakat kita. Youthmanual memberikan kita informasi mengenri 3 nilai yang dominan pada diri kita. Hasil akan keluar setelah kita selesai mengerjakannya, tetap kerjakan dengan sejujur-jujurnya agar hasilnya pun lebih akurat.
 Kenali Personal values

Setelah selesai mengerjakan semua modul, kita dapat mengetahui hasil semuanya melalui Final Report yang terdapat di profil kita. Disana sudah terdapat semua hasil yang kita dapatkan. Selain hasil-hasil yang kita dapatkan, kita juga bisa membaca informasi-informasi yang bermanfaat untuk menunjang potensi kita, agar bisa mengembangkannya. Sehingga potensi kita dapat menjadi modal berharga dalam menggapai mimpi kita. Nah, lalu bagaimana kita dapat mengetahui kuliah dan jurusan apa saja yang sesuai dengan potensi kita?

Saatnya Saya Untuk Eksplor Profesi, Jurusan, dan Perguruan tinggi
Dari hasil yang saya dapatkan, saya memiliki potensi di bidang pengolahan angka, saya memiliki potensi dalam berdebat, saya memiliki potensi dalam menganalisis data, dan lain-lain. Terus bagaiman saya menemukan jenis profesi dan jurusn kuliah yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang saya miliki. Salah satu fitur yang Youthmanual tawarkan adalah, kita dapat mengeksplor semua informasi tentang jenis profesi yang pas untuk kita, jurusan kuliah yang cocok untuk kita, dan informasi perguruan tinggi swasta maupun negeri. Lengkap banget informasinya, ketika saya mencari informasi mengenai salah satu PTS yang kurang ternama, ternyata di Youthmanual sudah ada, tentu ini yang membuat saya semakin suka mengakses situs ini. Bagaimana dengan kamu?

Dari berbagai fitur yang diberikan, mungkin fitur ini yang saya cari sekarang. Bagaiman tidak? Saya sedang mencari informasi mengenai jurusan kuliah dan perguruan negeri paling lengkap, toh setelah menggunakan Youthmanual Premium ini saya bisa mengakses data sepuasnya. Yang membuat saya lebih suka lagi adalah, informasi mengenai profesi, jurusan, dan perguruan negeri sangatlah detail sekali. Lalu fitur apa saja yang bisa kita dapatkan?

Bagaimana cara kerjanya? Dalam memberikan rekomendasi profesi, jurusan kuliah, dan perguruan tinggi, Youthmanual sebelumnya memberikan modul-modul untuk dijawab sesuai 5+ modul yang saya sudah jelaskan. Setelah itu Youthmanual menganalisis hasilnya dan mengumpulkan semua data dari modul-modul dan memberikan rekomendasi yang cocok dengan kita. Nah, lalu seperti apa hasilnya?

PROFESI APA YANG SESUAI DENGAN POTENSI YANG SAYA MILIKI?
profesi

Karena saya memiliki minat didunia IT, maka saya memfilter hasil rekomendasi dari Youthmanual.com dalam rekomendasi profesi. Nah, saya memfilter profesi pada bagian TI saja, dan hasil potensi diri saya terdapat pada penulis teknis, content writer, data svientist, manajer pemasaran data, admin database, dan masih banyak lagi rekomendasi dari Youthmanual ini. Sehingga saya sudah mengantongi satu modal untuk menjadi CEO Perusahaan digital di dunia dan Ahli Matematika. Tinggal langkah-langkah saya untuk mengembangkan potensi saya agar lebih mendukung masa depan saya.

6. Eksplor Profesi
profesi
Nah, saya juga menyukai Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi, sehingga saya mencoba untuk memfilter hasil yang sesuai dengan minat saya yang satu ini. Karena didalam hasil potensi saya tertera bahwa saya memiliki potensi dalam menganaslisi data berupa angka, saya juga bermina untuk menjadi ilmuwan matematika. Setelah saya filter profesi yang sesuai dengan potensi dan minat saya adalah Ahli Teknik Industri, Ahli antropologi, ahli matematika, dll. Tentu itu semua berhubungan dengan data berupa angka. Nah, sampai saat ini Youthmanual sudah menunjukan keakuratannya dalam memfilter data yang kita miliki, sehingga saya pun merkeomndasikan kepada sobat untuk menggunakan Youthmanual Premium, karena fitur-fitur yang luar biasa dan tidak bisa sobat dapatkan di platform lainnya.

LALU, JURUSAN KULIAH APA YANG SESUAI DENGAN MINAT & POTENSI SAYA?
Setelah kita mengetahui potensi apa yang kita miliki serta profei apa yang cocok dengan minat dan potensi yang ada pada diri kita. Selanjutnya bagaimana mengawali itu semua agar bisa mewujudkan mimpi kita? Untuk mendapatkan profesi itu, tentu saja kita harus melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi atau bisa disebut mahasiswa. Youthmanual juga bisa mencocokkan potensi kita dan jurusan kuliah yang cocok agar bisa meraih impian kita. Nah begini fitur-fitur yang saya gunakan untuk mencari jurusan yang pas dan cocok bagi saya.
7. Eksplor Jurusan
Jurusan
Kembali saya mencoba fitur untuk mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan potensi diri saya. Karena saya mempunya minat dibidang MIPA, maka saya memfilter hasil jurusan kuliah yang direkomendasikan oleh Youthmanual kepada saya. Setelah saya filter, saya dapatkan bahwa jurusan yang cocok dengan saya adalah Ilmu Intelejen, wow begitu ngeri kalau saya mempelajari ilmu ini. Namun yang sesuai minat saya sejak awal adalah matematika, tentu saja salah satu impian saya adalah menjadi Ahli matematika. Tentu setelah mengetahui potensi saya dan rekomendasi dari Youthmanual, saya lebih mantap untuk mengambil Jurusan Matematikd di Perguruan Tinggi. Saya akan mencobanya melalui jalur SBMPTN. Semoga saya bisa menembus langkah pertama saya dalam mewujudkan mimpi saya, amin.

Nah, planning masa depan yang cerah sudah saya dapatkan dengan mengenal potensi diri saya bersama Youthmanual Premium. Saya sudah mencobanya dan berhasil menemukan jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi dan mimpi masa depan saya, terima kasih Youthmanual.com, saya sudah mencoba, kamu kapan? Yuk segera rasakan sensasi menemukan sejuta informasi mengenai masa depan kamu dengan menggunakan Youthmanual premium Explorer seharga Rp. 79.000,-

Bagaimana Saya Bisa Menemukan Perguruan Tinggi yang Memiliki Jurusan Sesuai Potensi Saya?
matematika

Saya sudah menentukan untuk memilih jurusan matematika di perguruan tinggi. Namun saya masih bingung soal informasi kampus yang memiliki jursan matematika ini. Saya akan emnggunakan fitur Youthmanual yang bernama eksplor kampus. Setelah saya mencari informasinya saya mendapatkan dua pilihan, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret. Semua memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Saya memilih kedua kampus ini karena dengan beralasa dekat dengan kota saya.

8. Eksplor Kampus
Karena merasa bingung dengan dua pilihan universitas negeri yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret. Saya mencoba membandingkan kedua univeristas ini. Untung gak pake repot-repot lagi, karena di youthmanual kita dapat menggunakan fitur yang menurut saya sangat membantu calon mahasiswa yang binging dengan dua pilihan universitas. Nama fiturnya adalah Perbandingan Kampus, kita bisa membandingkan dua universitas yang ada.
Nah seperti gambar diatas, fitur itu adalah cara membandingkan dua univeritas. Setelah kita bandingkan dan klik submit, maka akan tertera informasi perbandingan tentang biaya kuliah, review, kualitas, akreditasi, dan fasilitas yang ada dimasing-masing ptn tersebut. Disini kita bisa membandingkan satu sama lainnya. Silakan kita sendiri yang menentukan.  Berikut informasi perguruan yang bisa kita dapatkan di Youthmanual:
1. Polling, ratings, & Most Questions
informasi pertama yang bisa kita dapatkan adalh polling, disini kita akan mengetahui lebih lanjut tentang univeritas dari hasil jajak pendapat dari alumni atau mahasiswa kampus. Ratings, rating diberikan untuk mengetahui kualitas, biaya kuliah, kegiatan mahasiswa, fasilitas, dll. most answered, adalah fitur informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan seputar kampus, disini kita juga bisa menjawabnya..

2. Last review, Lokasi, Informasi Pendaftaran
Pada fitur ini kita akan mendapatkan informasi seputar review dari member YM mengenai kampus terkait. Kita juga bisa cek lokasi kampus beserta kontak yang valid. Nah, kita juga bisa mendapatkan informasi seputar pendaftaran camaba dari kampus terkait.
3. Informasi kampus
Pada fitur ini kita juga bisa mendapatkan informasi seputar kampus, berupa kapan kampus didirikan. jumlah fakultas dan jumlah prodi, Spp, dosen, akreditasi, dan masih banyak lagi, sob!
4. Informasi Alumni dan Mahasiswa
Informasi alumni disini meliputi prospek pekerjaan alumni kampus yang bersangkutan. Serta informasi mengenai jurusan terpopuler di Perguruan Tinggi tersebut.

AKHIRNYA SAYA SUDAH MANTAP PILIH JURUSAN INI DAN PTN INI!
Setelah mempertimbangkan berbagai aspek, saya akhirnya mantap untuk memilih jurusan matematika di kampus UNY. Sejak awal saya memiliki mimpi untuk menjadi ahli matematika, setelah mengetahui potensi yang saya miliki, sekarang saya semakin mantap untuk memilih matematika sebagai pilihan utama saya masuk perguruan tinggi. Semoga dengan bantuan Youthmanual ini saya bisa diterima di fakultas MIPA UNY 2017, amin.
 

FITUR LAINNYA DARI YOUTHMANUAL.COM

Keterampilan 21's Century
Salah satu fitur yang masih dalam tahap pengembangan adalah Keterampilan 21's century. Fitur ini adalah fitur yang disediakan oleh Youthmanual bagi pengguna paket Preium untuk mengenali keterampilan-keterampilan apa saja yang sudah dimiliki guna menghadapi era digital, yang bukan lain pada abad ke-21 ini. Sudah gak tahan saya untuk mencoba gitur ini, sob!
Favorit
Nah di fitur yang satu ini kita bisa menyimpan atau mem-favoritkan profesi, jurusan favorit, kampus favorit. Nah, sehingga setelah kamu memilh favorit, kamu tidak perlu mencari jurusan, profesi, dan kampus favorit kamu di menu eksplorer. Kamu tinggal menuju Profil dan klik Favorit, maka semua jurusan, profesi, dan perguruan tinggi yang kamu favoritkan ada disitu semua. bagaimana cara favorit? Nah, caranya mudah kok! cuma klik tombol love satu kali saja, maka otomatis akan tersimpan di menu favorit kamu. Yuk dicoba fiturnya!
Saya sudah mencoba dan berhasil menyimpan atau mem-favoritkan jurusan, profesi, dan kampus sesuai pilihan saya sebelumnya. Salah satu manfaatnya fitur ini adalah, saya tidak perlu lagi harus memfilter pencarian jurusan, profesi, dan kampus di menu eksplore. Dengan menggunakan fitur ini saya tinggal menuju profil dan klik menu favorit, maka jurusan favorit, profesi favorit, dan kampus favorit pun jadi mudah saya temukan. So simple pokoknya sob!

Hasil Assessment
Pada fitur ini kita akan mendapatkan kemudahan untuk melihat hasil yang kita dapatkan dari modul-modul yang sudah kita kerjakan. Kamu bisa melihat hasil kamu satu-persatu dari menu modul itu sob! Nah, bagi yang gak mau repot-repot klik satu per satu, maka kamu bisa menggunakan fitur "Lihat Final report". Dalam fitur ini terdapat semua hasil pekerjaanmu sob! semua terangkum dalam satu laman Final report. Selain hasil yang kamu dapatkan, kamu juga akan mendapatkan deskripsi informasi dari hasil-hasilmu itu sob! Juga, kamu akan mendapatkan  tips sukses dari Youthmanual sob!

TIMELINE
Oh iya, hampir lupa sama fitur yang satu ini. Di fitur ini kamu akan mendapatkan informasi tentang jadwal-jadwal yang akan kamu tempuh selama satu tahun kedepan sob. Misalnya jadwal tentang SBMPTN, SNMPTN, dll. Semua lengkap terangkum di dalam fitur ini sob!

JURNAL + SUBMIT ARTIKELMU!
Selain fitur-fitur untuk mengetahui potensi diri, informasi mengenai profsi atau karir, informasi kampus dan jurusan kuliah, di youthmanual.com menyediakan artikel-artikel yang bermnfaat, bagi kamu yang suka baca-baca artikel tentang berbagai ilmu pengetahuan, kalian juga bisa pantengin Jurnal dari Youthmanual ini. Dan bagi kalian yang suka menulis, kamu bisa berkontribusi untuk menulis artikel kamu di youthmanual.com, selamat mencoba. Kamu bisa menuangkan pengalaman atau ide kamu di fitur ini sob!

DAN MASIH BANYAK LAGI FITUR LAINNYA!
Banyak fitur dengan berjuta manfaat yang bisa kita temukan di Youthmanual Premium Explorer ini sob! jadi tunggu apa lagi? masih ragu apalagi? Saya dan ribuan taman-teman lainnya sudah bergabung, kapan kamu bergabung dengan kami? Segera bergabung dengan Paket Premium Youthmanual Seharga 79 Ribu, sob!

FITUR YANG MASIH SAYA TUNGGU-TUNGGU
Salah satu fitur kece yang saya tunggu-tunggu adalah Fitur Sesi Tanya Youthmanual, disini kita bisa bertanya dengan YM mengenai berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan dunia karir, kuliah, dan informasi potensi diri. Nah, sebenarnya banyak hal yang sama mau tanyakan, namun untuk saat ini, fitur Tanya Yothmanual masih "coming soon" itu berarti masih dalam tahap pengembangan. Sebenarnya saya juga masih penasaran dengan fitur-fitur lainnya yang masih tahap pengembangan ini. Jadinya saya harus bersabar sob! Bagaimana, kamu mau bergabung dengan saya dan ribuan teman lainnya untuk menggunakan paket Premium Youtmanual?
APA KATA MEREKA?
Nah, itu beberapa pengalaman dari teman-teman kamu yang sudah bergabung menggunakan Paket Premium Youthmanual Explorer ini sob! Semua bilang kalau Youthmanual itu bermanfaat, bagus banget, lengkap banget, dan pokoknya sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang merancang masa depan kamu deh sob!
YUK BERGABUNG SOB!
Eittss, Sekarang Youthmanual sedang promo diskon untuk paket Premium Paket Explorer loh, buruan bagi kamu yang mau mencoba paket Premium Explorer Youth Manual Rp.79.000,- bisa mendapatkan diskon 10% dengan menggunakan kode promo KEJARMIMPI10  ,untuk mendapatkan voucher diskonnya, sob.. Buruan!!
http://youthmanual.com


Dengan adanya Youthmanual saya sudah bisa mengetahui potensi diri saya, saya sudah dapat menentukan Jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi minat saya, saya sudah bisa menentukan perguruan tinggi berkat informasi yang terdapat pada situs Youthmanual yang super lengkap dan detail maksimal ini. Memiliki potensi sudah, memiliki rencana sudah, sekarang tinggal mengeksekusinya, lalu apa yang masih harus disiapkan? Senjata! Ya, senjata..
"Seorang bersenjata dapat mengontrol seratus orang lain yang tanpa senjata." - Vladimir Ulyanov Lenin

Untuk mewujudkan mimpi saya itu, perlu adanya senjata sebagai pembantu saya dalam menyelesaikan dan menggampai mimpi saya. Seperti hanya Pahlawan Indonesia dahulu juga mempunyai mimpi kemerdekaan, mereka juga memerlukan senjata untuk mencapai kemerdekaan itu. Seperti para pahlawan, saya juga membutuhkan senjata untuk mencapai mimpi saya tersebut. Karena dengan tangan kosong, saya bukanlah apa-apa.

Senjata disini bukanlah senapan, bom, atau pedang. Itu senjata perang bukan senjata masa depan. Hadirnya era digital yang semakin pesat di dunia ini, mau tidak mau kita harus memahami, atau paling tidak bisa mengerti cara pemakaian alat komunikasi yang kian hari semakin canggih. Apabila kita tidak mengikuti perkembangan era digital ini, maka kita akan tertinggal jauh, jauh, dan sangat jauh. Untuk menyongsong dunia digital yang semakin canggih saya memerlukan senjata yang memiliki spesifikasi yang luar biasa agar mampu mewujudkan mimpi saya.

Acer Switch One, Senjata Luar Biasa Yang Mampu Mewujudkan Mimpi Saya

Sebagai anak kuliahan, tentu bakal dibebankan dengan berbagai tugas tentang berbagai data, tentu data-data itu harus diolah melalui alat yang canggih, yang bukan lain adalah Personal Computer atau laptop. Tentu jika mempunya laptop sendiri, pekerjaan akan lebih mudah dan lebih cepat dikerjakan. Tidak harus kewarnet atu pinjam milik teman. Namun untuk memuat data yang besar maka diperlukan juga spesifikasi yang bagus pula. Dengan berbagai pilihan yang ada, hati ini tertuju pada satu nama yaitu Acer Switch 1 yang sangat cocok untuk mahasiswa kuliahan.

Saya memiliki mimpi untuk bisa menguasai dunia programming, entah bagaimana caranya saya agar bisa mempelajari ilmu itu walaupun saya tidak mengambil jurusan itu pada waktu kuliah. Cara otodikdak atau dengan megikuti kursus dan seminar-seminar tentang dunia TI. Nah, untuk memulai belajar proggraming tidak hanya diperlukan skill tetapi teknis seperti spesifikasi laptop juga harus diperhatikan. Maka tidak boleh main-main dalam memilih laptop. Apalagi sekarang saya hanya memakai laptop bekas milik kakak saya yang sudah jadul dan spesifikasi dibawah rata-rata.


Dengan berbagai macam kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh Acer Switch One ini, tentu sangat cocok untuk saya yang mau belajar programming. Saya juga menyukai game, apabila mau main game biasanya saya harus kewarnet, dengan adanya Switch One di genggamanku, saya tidak perlu keman-mana lagi tentunya. Sehingga mimpi-mimpi saya dapat terwujud.

Kenapa harus Acer Switch One?

1. Notebook Multifungsi Dengan 4 Mode Penggunaan
Nah salah satu hal yang membuat saya kepengen mempunyai Acer Switch One ini adalah fitur Design Magnetic Hinge dengan keyboard yang mampu dibongkar-pasang dengan mudah. Sehingga dengan fitur ini penggunaannya akan semakin lebih mudah dan banyak variasi. Selain dalam mode notebok, Switch 1 juga bisa dilepas keyboardnya sehingga menjadi mode tablet. Dengan mode tablet ini tentu saja mempermudah kita saat sedang melakukan presentasi, ataupun membawanya. Selain keunggulan yang satu ini, Switch 1 juga memiliki keyboard yang cukup luas sehingga memudahkan pengguna ketika mengketik.

Penyimpanan yang sangat besar 500 GB yang mampu menyimpan ribuan file baik berupa dokumen, game, foto, maupun video. Tidak perlu khawatir penyimpanan habis. Selain itu touchpad Switch 1 juga sudah mendukung gesture Windows 10 untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. 

2. Peforma Yang Tinggi
Bagi pecinta game, edit video dan desain tentu yang dicari-cari adalah peformanya yang tinggi. Dengan processor Intel Quadcore x5-Z8350 generasi terbaru, membuat notebook ini anti lelet atau tidak lemot saat digunakan multitasking. Ditambah lagi daya RAM yang cukup besar (2GB) membuat peformanya semakin cepat, serta HDD 32GB eMMC yang semakin mengoptimalkan kemampuan notebook ini, walaupun digunakan dalam gaming dan editing

Layar sentuh yang terdapat pada Switch One dilengkapi oleh multitouch HD yang tidak akan mengurangi ketajaman warna maupun gambar ketika menonton video atau gaming. Jadi kita tidak perlu khawatir ketika main game akan terjadi kerusakan grafis.

3. Baterai yang Awet
Nah, peforma notebook yang paling penting adalah baterainya. Kalau baterainya cepat habis tentunya buat kita emosi. Tenang, Acer Switch One mempunyai daya tahan baterai hingga 12 jam setelah di-charge penuh, sehingga walaupun tanpa di-charge tetap bisa diguanakan secara optimal. Jadi, kita tidak perlu berebut colokan dengan teman kita. Aktivitas keseharian kita pun tidak akan terganggu cuma gara-gara masalah baterai yang boros.

Keunggulan Switch ini dibandingkan dengan notebook lainnya adalah, mampu dicharge dengan charge smartpone, jadi tidak perlu  membawa kabel charge yang banyak.  Kamu juga bisa nge-chrage notebook ini dengan menggunakan powerbank. Ini yang membuat saya pengen memilikinya.

Dengan berbagai keunggulan lainnya membuat saya semakin yakin bahwa Acer Switch 1 mampu menjadi senjata andalan saya untuk menggapai mimpi saya. Peforma yang tangguh dengan ditambah banyak fitur lainnya, membawa sensasi sendiri yang tidak ditemukan ketika menggunakan notebook lainnya.
SPESIFIKASI:
Dengan memiliki notebook ini, saya yakin dalam menjalani aktivitas kuliah nantinya, itu akan lebih efektif ketika saya menggunakannya unuk mengerjakan tugas. Terlebih pada fitur keunggulannya yang merupakan notebook multifungsi yang bisa dilepas keyboardnya, tentu itu akan lebih mudah ketika saya gunakan untuk presentasi tugas-tugas saya.

KESIMPULAN
Silakan untuk bermimpi setingi-tingginya, dan segera persiapkan diri kita untuk mewujudkan mimpi kita. Dengan berbagai persiapan yang positif, kita akan semakin mendekatkan diri kita dengan impian kita itu. Salah satu persiapan yang harus kita lakukan adalah dengan mengenali potensi diri kita. Setelah kita mengenal potensi apa yang kita miliki, kita harus memperiapkan hal-hal apa saja yang dapat mengembangkan potensi-potensi yang kita miliki.

"Sebuah Mimpi Dapat Terwujud Bukan Karena Keajaiban, Melainkan Karena Keringat Dan Kerja Keras" - Colin Powell
Youthmanual adalah startup yang dikembangkan oleh anak Indonesia dengan tujuan untuk membimbing genersai muda untuk merancang masa depanya agar mendapatkan masa depan yang cerah. Yang dimulai dari mimpi dan bagaimana cara agar mereka dapat menggapai mimpi itu. Dengan mengenal potensi diri, maka kita pasti mampu mencapai apa yang saya cita-citakan. Tentu tidak hanya dengan bantuan dari Youthmanual saja, tetapi bantuan terbesar ada pada diri kita sendiri. Maka persiapkan diri kita sendiri agar mimpi kita bisa terwujud, semangat! O, iya.. bagi kalian yang belum bergabung bersama saya dan ribuan teman-teman kamu lainnya, segera bergabung dan gunakan akun Youthmanual Premium kamu dengan harga 79 ribu.

Serta tidak lupa dengan Acer Switch One yang dapat membantu saya sebagai senjata utama saya dalam mewujudkan mimpi saya. Semoga dengan adanya Youthmanual mampu memberikan motivasi saya untuk dapat mengejar mimpi saya. Nah, itu semua adalah pengalaman saya dalam mengenali Potensi diri bersama Youthmanual dan saya yang ingin memiliki senjata utama untuk menggapai mimpi saya, yaitu Acer Switch One. Sukses, sob!

[Acer x Youthmanual Blogging Competition]
Bagasaji_h

Daftar 10 Nama Negara Anggota Asean Beserta Profilnya

Daftar 10 Negara Anggota Asean - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau juga Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) merupakan sebuah perhimpunan atau organisasi antar bangsa kawasan Asia Tenggara dalam bidang geo-politik dan ekonomi. Organisasi ASEAN dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan egara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Dengan 5 negara pendiri organisasi ini yaitu, Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, dan Thailand. Sejak dideklarasikan pada tahun 1967, sampai saat ini anggota Asean berjumlah 10 negara yang bergabung. Brunei Darussalam bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar bergabung pada tanggal yang sama yaitu,  23 Juli 1997. Sedangkan anggota terakhir yang bergabung adalah Kamboja, yang bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Berikut ini adalah 10 Negara anggota Asean:

INDONESIA
Profil anggota Asean - Indonesia
Profil negara indonesia
Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang termasuk kedalam 5 anggota pendiri ASEAN. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia memiliki wilayah lautan dan daratan yang cukup luas di Asia Tenggara. Indonesia memiliki kurang lebih 17.5 ribu pulau-pulau yang tersebar dalam 34 provinsi di Indonesia.


Luas wilayah Indonesia kurang lebih 5.193.250 km² yang meliputi wilayah lautan serta daratan. Luas lautan Indonesia kurang lebih 3.273.810 km² serta luasan daratan Indonesia kurang lebih 1.919.440 km² .Sehingga Indonesia sering dijuluki sebagai negara maritim karena sebagian besar indonesia merupakan wilayah lautan.

FILIPINA
Profil anggota Asean - filipina
Profil negara Filipina
Filipina adalah salah satu negara yang berbentuk Republik di Asia tenggara. Filipina merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN. Filipina terletak di Utara Indonesia dan Malaysia. Seperti Indonesia, Filipina juga merupakan salah satu negera berbentuk kepulauan yang mencapai kurang lebih 7 ribu pulau yang ada di Filipina. Ibukota negara Filipina adalah Manila. Republik filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946. Bahasa Filipino atau tagalog adalah bahasa nasional Filipina. Luas wilayah negara Filipina adalah 300.000 km2

MALAYSIA
Profil Negara Asean - Malaysia
Profil negara Malaysia
Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk Federasi. Negara Malaysia terdiri dari 13 negara bagian serta 3 wilayah persekutuan. yang meliputi Pahang, Selangor, Negeri Sembilan, Kedah, Johor, Kelantan, Melaka, Perlis, Terengganu, Pulau Pinang, Perak, Sabah dan Sarawak. Ibukota negara malaysia adalah Kuala Lumpur. Negara Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957. Penduduk malaysia menggunakan bahasa resmi (Bahasa Melayu) dalam kehidupan sehari-hari mereka.

SINGAPURA
Profil Negara Asean - Singapura
Profil negara Singapura
Singapura adalah negara yang berbentuk Republik yang ada di Asia Tenggara. Singapura merupakan salah satu pelopor berdirinya organisasi ASEAN. Singapura merupakan negara koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819. Singapura menjadi salah satu Negara Maju di dunia, tak heran jika perekonomian Singapura sangat kuat di dunia. Bahasa resmi yang digunakan Singapura adalah Bahasa Inggris, Melayu, Tamil, dan Mandarin. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura mendapatkan kemerdekaannya dari Federasi Malaysia.

THAILAND
Profil negara Asean - Thailand
Profil negara Thailand
Thailand adalah negara di Asia tenggara yang berbentuk kerajaan. Ibukota negara Thailand adalah Bangkok dengan bahasa yang digunakan adalah bahasa Thai. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah merasakan penjajahan dari negara-negara Eropa. Thailanda didirikan pada pertengahan abad ke-14.

Itulah ke-5 Negera pendiri organisasi ASEAN. Selain kelima negera itu, sampai saat ini masih ada 5 negara yang juga bergabung kedalam ASEAN atau sudah 10 negara yang bergabung. Berikut 5 Negara yang sudah bergabung di ASEAN.

BACA JUGA: Arti lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean 2017

  • Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984) 
Brunei Darussalam adalah anggota ASEAN yang pertama kali bergabung sebelum negara-negara lain bergabung. Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Mata Uang negara Brunei adalah Dolar Brunei dan bahasa yang digunakan oleh warga negara brunei adalah bahasa Melayu. Brunei merdeka pada tanggal 1 Januari 1984.
  • Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995) 
Vietnam menjadi anggota kedua yang masuk ke organisasi ASEAN selain anggota pendiri. Ibukota negara Vietna adalah Hanoi. Mata uang negara Vietnam adalah Dong dan bahasa nasional adalah bahasa Vietnam. Vietnam merdeka pada tanggal 2 September 1945.
  • Laos bergabung pada (23 Juli 1997) 
 Laos adalah salah satu negara di Aseia Tenggara yang tergabung kedalam Asean. Ibukota negara Laos adalah Vientiane. Bahasa yang resmi adalah bahasa Laos dan mata uang negara laos adalah Kip Laos. Hari kemerdekaan Laos adalah tanggal 19 Juli 1949.
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997)
Myanmar adalah salah satu negara di Asia tenggara yang bergabung kedalam organisasi ASEAN pada tahun 1997. Ibukota negara Myanmar adalah Rangoon atau Yangon. Bahasa yang digunakan atau bahasa resminya adalah bahasa Myanmar dengan mata uang negara Myanmar adalah Kyat Myanmar. Myanmar merdeka pada tanggal 4 Januari 1948 dari Inggris.
  • Kamboja bergabung pada (30 April 1999)
Kamboja adalah negara terahir di Asia tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Ibukota negara Kamboja  adalah Phnom Penh. Mata uang negara Kambodia adalah Riel Kamboja dan bahasa resmi adalah bahasa Khmer. Kamboja atau kambodia merdeka pada tanggal 9 Nopember 1953 dari negara perancis.

NOTE: Eits, selain 10 Negara Anggota ASEAN tersebut diatas, nampaknya Timor Leste akan bergabung pada tahun 2017 ini untuk menjadi anggota ASEAN. Sehingga apabila Timor leste resmi bergabung, maka jumlah anggota ASEAN kan menjadi 11 anggota.

Gagal SNMPTN? Saatnya untuk Move On dan Fokus ke SBMPTN

"Jika satu kesempatan telah gagal, cobalah untuk memaksimalkan peluang dikesempatan lainnya. Dengan berdoa dan berusaha, pasti Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk kita."

Tepat hari ini adalah pengumuman hasil SNMPTN 2017, apakah kalian dinyatakan lolos ataukah tidak. Banyak siswa-siswi Indonesia terutama yang mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negri jalur SNMPTN merasa dag dig dug der, dengan apa hasil yang akan mereka dapatkan. Pasti ketika mengakses http://pengumuman.snmptn.ac.id/ jantung mereka akan terasa mau copot. Ginama tidak? Mereka akan melihat hasil yang sudah ditunggu dari jauh-jauh hari lamanya.

Mungkin dari mereka yang lolos bisa senyum-senyum manis atau barangkali bisa senyum-senyum manja gitu, aku juga tak tau. Pastinya perasaan lega, bahagia dan plus-plus menghantui mereka yang bisa lolos seleksi. Mungkin setelah selesai membuka hasil seleksi dan dinyatakan lolos di PTN pilihan mereka, mereka akan berteriak sekuat tenaga, joged-joged ria (mumbul-mumbul0, atau melakukan sesuatu tidnakan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya (bohong!! tentu mereka sudah bayang-banyangin tuh setelah melihat hasilnya, sampai-sampai mereka gak bisa tidur loh!!). Nah lalu bagaimana perasaan orang yang gak lolos SNMPTN? :v


Perasaan gagal lolos snmptn
Gagal lolos snmptn
SNMPTN adalah seleksi nasional masuk perguruan negri dengan proses seleksi menggunakan nilai raport dari semester 1-5. Proses selesi dilaksanakan oleh PTN masing-masing sesuai standar yang sudah ditentukan sebelumnya. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi lolos atau tidaknya peserta SNMPTN meliputi Nilai rapor semester 1-5, prestasi akademik peserta, Nilai UN, dan PDSS sekolah bersangkutan. Tentu apabila kriteria kita sesuai standar yang sudah ditentukan, maka otomatis kita akan dinyatakan lolos, dan apabila tidak sesuai maka kita akan dinyatakan tidak lolos.

Nah, bagi yang tidak lolos janganlah berkecil hati, Tenang, ini bukanlah perjuangan akhir dimana masih ada kesempatan lainnya. "Janganlah kamu merasa sudah mati di medan pertempuran pertama karena kau tertembak. Lupakan luka-luka awalmu, terus semangat dan berdoa kepada Tuhan dan bersiaplah untuk mengalahkan musuhmu dengan sekuat tenaga yang kamu keluarkan." Mungkin itu sama dengan kita yang tidak lolos SNMPTN, tetap semangat seperti tentara yang tanpa henti untuk berjuang menghabisi musuh dan memperjuangkan kemerdekaan.

Tenang, tidak hanya kamu yang tidak lolos SNMPTN. Banyak teman-teman diluar sana yang juga gagal lolos snmptn. Dari 800 ribu peserta yang dinyatakan lolos hanyalah 100 ribu peserta saja, so jangan menjadikan masalah kegagalan pertama masuk PTN ini menjadikan penghambat untuk meraih kesempatan lainnya. Tetap semangat kawan!!
gagal snmptn
Nah, perasaan kecewa tentu saja menghantui kalian yang tidak lolos SNMPTN, begitu juga saya. Awalnya saya dag dig dug der, ketika akan membuka hasil pengumuman SNMPTN ini. Setelah membuka dan dinyatakan tidak lolos, saya pun juga merasa kecewa, sedih, dan pasrah, Namun, saya tetap semangat dan optimis untuk memaksimalkan peluang saya di kesempatan lainnya.

LALU, APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SEKARANG?

Yang pertama kita harus lakukan adalah melupakan hasil SNMPTN ini, move on nak, move on... karena kalau belum bisa melupakannya maka akan mengganggu kalian dalam mempersiapkan diri di kesempatan lainnya. Maka mulai dari sekarang lupakan hasil kegagalan ini, rasakan seolah-olah anda sudah tidak lolos pemeringkatan. Setelah itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk belajar, berdoa, dan berusaha. Nah, setelah kita gagl lolos snmptn, ternyata masih ada kesempatan lainnya. Salah satunya kita bisa ikut jalur SBMPTN, nah ayo kita sama-sama berusaha belajar agar bisa lolos SBMPTN.


Jangan membuang peluang ini dengan percuma, mungkin jalan terbaik bagi kamu adalah jalur SBMPTN. maka dari itu kita harus periapkannya dengan matang-matanag. Supaya kita tidak mengulang kegagalan kita kembali. So, tetap berpikir pisitif dan optimis kalau kamu masih bisa masuk PTN favorit kamu lewat jalus SBM PTN ini. Semangat teman!!

Ingat Rumusnya: Gagal SNMPTN = Fokus SBMPTN.

"Ora et labora, Berusaha dan Berdoa."

Daftar 34 Provinsi di Indonesia beserta nama Ibukotanya Terbaru 2017

Daftar Provinsi Beserta Ibu Kota Indonesia Tahun 2017 Terbaru. Berapa jumlah provisni indonesia pada saat ini? 


Pada tahun 2017 Republik Indonesia memiliki jumlah 34 Provinsi. Untuk mempermudah sobat membaca, mencari, dan memahami 34 Provinsi di Indonesia Tahun 2017 ini, saya akan mengurutkannya mulai dari Pulau Sumatra. Dan berikut Daftar Provinsi beserta Ibu Kota di Indonesia pada tahun 2017.

Daftar 34 Provinsi Beserta Ibu Kota di Indonesia 2017

I. DAFTAR PROVINSI DI PULAU SUMATERA 

  1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam // Ibukota :Banda Aceh
  2. Sumatra Utara // Ibukota: Medan
  3. Sumatra Selatan // Ibu Kota: Palembang
  4. Sumatra Barat // Ibu Kota: Padang
  5. Bengkulu // Ibu Kota: Bengkulu
  6. Riau // Ibu Kota: Pekanbaru
  7. Kepulauan Riau // Ibu Kota: Tanjung Pinang
  8. Jambi // Ibu Kota: Jambi
  9. Lampung // Ibu Kota: Bandar Lampung
  10. Bangka Belitung // Ibu Kota: Pangkal Pinang

II. DAFTAR PROVINSI DI PULAU KALIMANTAN

  1. Kalimantan Barat // Ibu Kota: Pontianak
  2. Kalimantan Timur // Ibu Kota: Samarinda
  3. Kalimantan Selatan // Ibu Kota: Banjarmasin
  4. Kalimantan Tengah // Ibu Kota: Palangkaraya
  5. Kalimantan Utara // Ibu Kota: Tanjung Selor

III. DAFTAR PROVINSI DI PULAU JAWA

  1. Banten // Ibu Kota: Serang
  2. DKI Jakarta // Ibu Kota: Jakarta
  3. Jawa Barat // Ibu Kota: Bandung
  4. Jawa Tengah // Ibu Kota: Semarang
  5. DI Yogyakarta // Ibu Kota: Yogyakarta
  6. Jawa Timur // Ibu Kota: Surabaya

IV. DAFTAR PROVINSI DI PULAU NUSA TENGGARA & BALI

  1. Bali // Ibu Kota: Denpasar
  2. Nusa Tenggara Timur // Ibu Kota: Kupang
  3. Nusa Tenggara Barat // Ibu Kota: Mataram

V. DAFTAR PROVINSI DI PULAU SULAWESI

  1. Gorontalo // Ibu Kota: Gorontalo
  2. Sulawesi Barat // Ibu Kota: Mamuju
  3. Sulawesi Tengah // Ibu Kota: Palu
  4. Sulawesi Utara // Ibu Kota: Manado
  5. Sulawesi Tenggara // Ibu Kota: Kendari
  6. Sulawesi Selatan // Ibu Kota: Makassar

VI. DAFTAR PROVINSI DI PULAU MALUKU & PAPUA

  1. Maluku Utara // Ibu Kota: Ternate
  2. Maluku // Ibu Kota: Ambon
  3. Papua Barat // Ibu Kota: Manokwari
  4. Papua ( Daerah Khusus ) // Ibu Kota: Jayapura

NOTE: Jumlah Provinsi di Indonesia hingga tahun 2017 ini berjumlah 34 Provinsi.


Search result From Google:
Daftar Provisni terbaru
Nama Provinsi di Indonesia
Daftar nama provinsi
Provinsi di indonesia 2017
Daftar provinsi 2017
Jumlah provinsi Indonesia
Jumlah provinsi beserta ibukota terbaru dan terlengkap
Daftar Provinsi berserta ibukota 2017
Provinsi-provinsi di Indonesia
(#2017)

Suka Itu Timbul dari Rasa atau Selera? Ini Pembahasanya

Masih ingat sama twit-an saya dua hari yang lalu. Saya sempat membahas mengenai Suka. Apa itu suka? Ya elah, kalian kan udah gede, masih aja nanya apa itu suka, malu dong sama anak EsDe πŸ‘Ά (Hee, eheee..). Lalu, saya mendefinisikan suka itu dengan Rasa dan Selera. Nah, menurut ente "suka" itu terjadi ketika ada rasa atau selera? Hah... apa, rasa selera pedas kata mu? Ya kali.. Mati aja sana Brot.. :v


Pernahkah kalian lihat anak EsDe yang udah papah-mamahan -_- padahal kalian masih aja idup nge-Jomblo (Sebenarnya jomblo atau tak laku sih? :v ). Ya kali, baper bawaannya kalau lihat anak EsDe itu berduaan, bergandengan, berpelukan (Telletubies, kali ya?). Nah, itu pasti terjadi pada dirimu, berkacalah sobat! Tenang, jumlah populasi manusia Jomblo di dunia masih banyak kok, kalian masih mempunyai kesempatan untuk menjalin hubungan sesama jomblo-jomblo diseluruh dunia.

Bayangkan saja kalau jomblo diseluruh dunia berkumpul, dan kalian kenalan sama anak Inggris, Amerika, Kanada, Spanyol, dan berbagai negara didunia, mungkin saya yakin kalian pasti akan terlebih dahulu berkenalan dengan orang Zimbabwe (Sebuah negara di Afrika bagian selatan), ya kan? :v Ya kali. Kok jadi ngomonin jomblo sih Brot.. itu aib lah! Ga usah dibicarakan lagi yak. Saatnya kita kembali ke Topik Hidayat (ehh. itu pembulu tangkis pak) pembahasan kali ini, SUKA ITU TIMBUL DARI RASA ATAU SELERA? INI PEMBAHASANNYA...

O iya, mungkin kalaian pembaca baru yang belum kenal sama penulis diblog ini ya? Kalau belum jangan lupa Follow Akun Instagram saya ya (Promosi sebentar ya brott..) Follow @BAGASAJI_H atau kalau kalian punya twitter jangan lupa follow akun saya sekalian ya (Link ada di IG). Thanks, yuk lanjut ke pembahasan.

SUKA ITU TIMBUL DARI RASA ATAU SELERA?

Suka sama cinta itu beda gak sih? Ini sering ketika kalian ngomong suka sama seseorang pasti dianggapnya itu cinta. Tapi suka bisa saja dilihat dari luarnya, sebagai contoh: "Saya suka loh sama kamu, cara kamu berpakaian, cara kamu jalan, dll." Nah, apa ini yang disebut cinta pak? Bukan brot.. itu hanya sebatas suka atau kagum, jadi jangan ke-pede-an ketika ada temen lu, sahabat lu, tetangga lu, kalau yang ngomong suka, bisa saja dia hanya suka penampilan lu, dan bukan sama lu orang! oke..? Lanjutt brottt..

Kalau cinta gimana brottt.? Cinta, itu timbul dari dalam lubuk hadi yang paling dalam, sedalam cintaku padamu.. (Taek.. Gombal!!). Nah cinta itu gombal brott... kenapa kok gombal? Sebagai contoh, "Aku cinta mati kepadamu, ribuan pulau akan ku tempuh hanya untuk memperjuangkan cintamu." GOMBAL, FAK! Hati-hati sama orang yang "katanya" cinta sama kamu hanya lewat ucapan seorang. Preettt.. dia mau lewati ribuan pulau. tanya sama dia, "Sudah beli tiket belum mas/mbak untuk melewati ribuan pulau itu?" Tanyakanlah.. 

Tapi tidak semua cinta itu gombal brott... Cinta bisa timbul karena Suka saling suka. Sebagai contoh, dia suka penampilan lu dan bukan lo, dia pasti akan memperhatikan lo setiap kali bertemu dengan lo, mulai dari cara makan, minum, boker, dll. :v Nah, itu akan membuat dia akan suka sama lo, bisa dikatakan dia Cinta sama kamu, perasaan itu muncul ketika dia terus memandangimu, terus memperhatikanmu, terus mengikutimu, teruss.. terusss.. (udah woy capek) yak, dia merasa kalau kamu itu adalah sesuatu yang unik, berharga dan beda dari yang lain, sehingga perasan itu muncul dari hati yang paling dalam. Jadi, kalau kamu punya fans seperti ilustrasi ini, sebaiknya kamu terus mengeluarkan pesonamu, jangan gonta-ganti penampilan mu pasti dia jodohmu brott. tapi tunggu, ingat dengan poin GOMBAL ya! wkwkwkwkwk.. udahan dulu bahas cintanya, sekarang kita bahas SUKA itu timbul dari rasa atau selera?

Oke, sekarang kita ga usah panjang lebar lagi ya om.. Langsung ke pembahasan kita hari ini.

Sempat di TWIT, saya bilang kalau Suka itu timbul dari Selera bukan Rasa. Mengapa? Kok bisa? (Tanya aja sama mbok ijah.) Kita bahas lewat ilustrasi saja ya. O iya, sebenarnya sama mau buat infografis berupa komik, tapi berhubung waktu, itu mungkin saya pending setelah selesai UN. :'V SORI YA BROT..

Suka itu Timbul Dari Selera. Ingat Ya.. Bukan Rasa.. :v
Sebagai ilustrasinya ya, simak cerita atau ilustrasi yang saya buat:

"Aku suka sama kamu" $
"Ah Gombal.. kamu" #
"Beneran, aku suka sama kamu. Yakin deh.." $
"Apa buktinya kalau kamu suka aku?" #

Dia mulai bingung mencari bukti bahwa dia sangat menyukainya. Lalu dia berikan sebuah bukti, kalau dia pernah gambar wajah orang yang disukainya dengan bertuliskan, "Aku Suka Kamu" Melihat bukti tersebut dia langsung percaya begitu saja.

"Oh.. So Sweet, aku baru percaya kalau kamu suka sama aku." #
"Nah, udah yakin kan, kalau aku suka sama kamu" $
"Ya, kok bisa kamu suka sama aku?" #
"Ya bisa lah, karena kita memiliki SELERA yang sama yaitu sama-sama demen kalau makan Indomie. Ya kan?" $
"Loh kok kamu tau selera saya. Iya nih, saya demen sekali makan Indomie RASA Soto. Kalau kamu demen yang mana?" #
"Kalau aku sih suka sama RASA Bawang. Soalnya enak buangett sih.." $
"Loh kok beda, dengan ku. Aku kan suka RASA Soto, kok kamu suka RASA Bawang. Katanya kamu suka sama aku karena kita memiliki kesamaan.. Serius Dong!!" #
"Iya kok aku serius.. bahkan..." $
"Bohong deh, kamu bohong... (emmmm,,, emmmm *Nangis)" #
"Loh kok nangis, padahal aku mau ajak kamu beli Indomie" $
"Enggak mau, kamu bohong" #
"Gak Bohong, sini aku jelasin. Aku SUKA sama kamu itu karena SELERA kita sama, walaupun rasa indomei kita berbeda. Karena, Suka itu timbul dari Selera, bukan rasa indomie kita. Paham??" $
"Ohh.. Gitu ya. Berarti kamu bener suka sama aku?" #
"Iya beneran, jangan nangis lagi dong. Yuk kita pergi ke warung beli Indomie.." $

Oh.. So Sweet... (ehh,,) Benarkan guys, lewat ilustrasi yang saya buat diatas kalau SUKA ITU TIMBUL KARENA SELERA BUKAN RASA. Sebagai tambahan nih brot.. Kalau kamu suka sama seseorang, pertimbangkan dulu. Karena rasa suka itu tidak akan bertahan lama, ketika selera kamu sudah berbeda. Nah, mungkin itu akan terjadi ketika kamu mengenal lebih luas tentang pertemanan kamu. tentu itu tidak akan bertahan lama (Tidak semua ya gengs..) Pasti kamu akan memiliki selera yang berbeda. Jadi kalau mau cari pasangan carilah orang yang Sama SELERA-nya bukan rasanya.. Thanks gengs sudah baca tulisan saya ini... See You Next time..

EHHH.. Sadar gak sih kalau kalian saya pangil dengan sebutan, Brott. Gengs, Guys, Ente, Kamu, Kalian, Lu, Lo,dll. Kalau sadar berarti kamu sudah baca tulisan saya sepenuhnya. Oh, iya kalau mau request tulisan ke saya DM saja ke IG saya ya, Thanks.. Gud Lak! πŸ‘‡✊✋πŸ‘ˆ.

INGAT:
"Suka Timbul Karena Selera Bukan Karena Rasa. Jadi kalau ketemu sama orang yang bilang suka sama kamu, lewat rasa itu jangan di terima ya guys. GOMBAL!! :V"

START NULIS BROT..

START NULIS BROT... 😱

Jemari ini mulai menggeliat ketika pikiran menghantui bahwa saya harus update blog jelek ini. Sudah Sebulan lamanya jari-jari ini berhenti menulis (sempat juga sih nge-darft tulisan lomba), dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan kesempatan jari-jari ini mengetik dengan bebas tanpa jejak :v  ALAY BANGET Sih Brott..! Oke, kita mulai nulisnya yuk..
Start nulis brot


SEMINGGU YANG LALU
Seminggu lamanya liburan telah berlalu, hari-hari terasa hampa tanpa rasa (bahasanya orang puitus brott.. jangan NGGUYU ya ;v ) tanpa memegang laptop dan gadget. Mengawali liburan dengan Nyinom (apa sih nyinom? nanti saya bahas dah..) lalu hari berikutnya menyiapkan diri untuk bergereja. Anehnya, walaupun waktu masih tersisa untuk beraktivitas di malam hari, rasa malas untuk menulis pun menghantui saya, sehingga memanfaatkan INET hanya untuk main game sama sosmed dan YT an. Sehingga data yang keluar tak sebanding dengan data yang masuk. πŸ˜‘

Disaat anak-anak lainnya dengan asik dan santai mengawali liburan seru mereka, dengan berwisata bersama keluarga tercinta mengarungi dua samudra (mulai puitis lagi nih pikiran) dengan rasa senang yang mereka rasakan, sedangkan saya mengawali liburan dengan beban pikiran yang begitu besar ku rasakan (anjirr nih bahasa..) 😦 Bentar lagi saya UN dan Seleksi PTN, sudah siapkah diriku sekarang? mungkin ini yang menjadi beban pikiran saya saat ini.Namun disisi lain saya bersemangat untuk mengejar cita-cita saya setinggi angkasa :v

Setelah melihat hasil semester ke-5 membuat saya terheran-heran, mengapa tidak didalam kondisi saya dikelas yang terlihat rame dan sering mendapat teguran saat nilai ulangan sangat jelak, tapi hasilnya kok Bagus. Mungkin ini adalah salah satu keajaiban Tuhan yang diberikan kepada umatnya yang sudah taat bribadah,πŸ˜‡ Amin. Dan, yang membuat saya terheran-heran adalah nilai FISIKA saya yang hampir perfek Brott.. bagaiaman tidak nilainya kurang dua poin aja udah maksimal (Bukannya sombong loh ya) dan Bahasa jerman pun tak mau kalah juga loh.. Nah, itu yang membuat saya bersyukur kepada Tuhan YME dan membuat saya semangat untuk kedepanya, daoakan saya ya Brott.. πŸ™

O iya, hampir Lupa Brott.. nonton filmnya Om Radit yang baru bikin kamu ngakak loh Brott, jangan sampai lupa nonton ya.. :v

SEMINGGU KEDEPAN
Masih menjadi misteri (pikiran kosong) mau kemana dan ngapain satu minggu kedepan untuk mengisi liburan. Nah, dijadwal saya (yang saya buat 6 bulan yang lalu) Sebenarnya dua minggu liburan ini mau saya habiskan untuk dirumah, happy time to blogging and reading. Mungkin satu minggu kedepan saya akan mulai belajar lebih giat untuk mempersiapkan ujian nasional yang segera saya hadapi brott.. Dan mengisi sela-sela waktu belajar saya untuk Happy Blogging seperti sekarang ini Brott.. Kalau mau nulis bareng sama saya, cus langsung saja ke rumah saya.. :c

Mungkin itu adalah jadwal saya untuk menghabiskan satu minggu liburan tersisa (tersiksa) ini brott.. Oke sudahan sampai disini ya brott, lanjutin besok lagi ya. Sebenarnya masih ada yang masih saya tulis (ketik) lagi nih brott, tapi berhubung sudah sore waktunya mandi nih jadi lanjut besok lagi ya..


Bentar.... bentar.... berhubung saat ini cuaca diluar masih hujan dan air kamar mandi saya sangat dingin, saya lanjutin lagi aja, oke deh.. :v

Nyinom
O, iya hampir lupa.... Tadi kan diatas saya mau cerita soal Nyinom itu ya? Oke, apa sih nyinom? Untuk apa sih nyinom?
Nyinom sendiri identik dengan Iseh Enom (bahasa jawa brott) yang artinya Masih Muda.. Nah, nyinom di Klaten adalah sekumpulan muda-mudi desa yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu mengahantarkan makanan pesta di acara pernikahan, jagong, dan lain-lain yang berhubungan dengan makanan (nah loh, yang suka makan jangan baperan ya..) Nah, tugas sinoman adalah menghantarkan makanan kepada para tamu untuk dimakan (ya iyalah, masa cuma suruh liat) Nah, disini para pemuda-pemudi desa diberi tugas untuk menjadi sinoman, kenapa sih gak sewa aja? Ini masih suasana desa brott.. yang masih berhubungan dan identik dengan gotong royongnya, jadi jangan heran ya kalau pemuda-pemudi di desa mau nyinom (tapi juga masih banyak yang kabur, ketika nyinom loh..)

Sudah tau tentang nyinom kan? Sekarang................ eemmmmmmm......... mau nulis apa lagi coba? Ada ide? haaa? haaaa?

O, iya Kita bahas nilai saya aja yuk!
Sudah saya berikan sedikit gambaran diatas tentang nilai saya di semester 5 ini. Nah, semeseter lima ini menjadi semester terakhir untuk menentukan kita diterima atau tidaknya di PTN lewat jalur SNMPTN loh.. Jadi, nilai kita harus naik paling tidak sejajar dengan baik untuk bisa memiliki peluang yang bagus di SNMPTN. Saya sadar, nilai saya tidak ada apa-apanya jika harus bersaing dengan jutaan pelajar hebat di kota-kota. Sedangkan saya hanya anak desa yang sekolah di SMA BAYAT (tapi jangan salah loh ya, disini juga bagus kok). Saya tetap optimis untuk bisa menjadi salah satu Lucky man dalam perebutan kursi PTN lewat jalur SNMPTN ini, doain aja ya Brot..

O, iya jika dibandingkan 4 semester sebelumnya, mungkin di semester ini nilai saya lebih baik deh.. gimana tidak, rata-ratanya sangat bagus loh.. 80++ :v (pakai plus-plus segala) Yak, tak habis pikir saya ini. Lewat doa dan dukungan orang tua, saya diberikan keajaiban Tuhan untuk mendapatkan nilai yang bagus ini. Namun, ini untuk membuat saya lebih semangat lagi untuk menghadapi semester 6 dan UN dan Seleksi PTN, dan ujian hidup :v agar tetap tabah dan sabar untuk mengatasinya.

O, iya karena sekarang sudah jam 18.00 WIB maka saya putuskan untuk mengakhiri cerita hari ini yu brott.. kita sambung besok lagi ya... terima kasih loh...

*MOHON DOANYA UNTUK UN DAN SELEKSI PTN SAYA YA BROTTT..
SEMOGA SAYA MENDAPATKAN NILAI UN YANG TERBAIK DAN DITERIMA DI PTN FAVORIT, Amin... πŸ™πŸ˜‡