Sebenarnya Begal Itu Apa Sih?


Sebenarnya Begal Itu Apa Sih? itu mungkin pertanyaan yang sedang dipertanyakan  oleh masyarakat di indonesia saat ini. Mungkin bagi kita Masalah Kejahatan Begal itu menyeramkan dan menakutkan, benar memang begal itu menyeramkan. Sehingga dalam menulis artikel saat ini saya merasa ketakutan apabila begal masih menghantui Indonesia. Bayangkan saja jika kita sedang pulang malam dan hanya sendirian melewati jalanan yang sepi, apa yang ada di pikiran kita? begal kah?
Begal itu apa sih?
Ilustrasi. Pembegalan pada tengah malam
Mungkin tak sedikit orang yang belum tau mengenai Begal ini. mungkin mereka bertanya-tanya Begal itu apa sih? Padahal nama begal itu sudah ramai diperbincangkan oleh masyarakat di indonesia ini. Saya sendiri pada awalnya belum mengetahui mengenai begal itu apaan sih. Awalnya saya mendengar cerita teman saya mengenai korban begal di sekitar tempat tinggalnya. Dia bercerita panjang lebar mengenai begal itu. Setelah mendengar cerita teman saya ini, tiba-tiba di Indonesia di gemparkan oleh komplotan begal. Mereka ada di semua tempat di indonesia ini (Menurut Berita, pada dasarnya tidak semua tempat ada begal).

Setelah saya penasaran mengenai begal ini, saya menelurusinya dengan melihat stasiun-stasiun tlewisi yang membawakan berita seputar begal ini. Selain itu saya juga membaca koran-koran. Dan ternyata benar, bahwa hampir setiap hari di media cetak maupun televisi banyak yang membicarakan mengenai begal ini. Itu semakin membuat saya penasaran, sehingga saya mencoba untuk mencarinya di internet, saya membaca artikel dari sebuah media online ternama, ternyata begal itu adalah....

Mengenal Begal, Apa Sih Begal Itu?
Oke, lanjut ke perbincangan saya tadi. Setelah saya membaca artikel di media online ternama tersebut, saya mendapatkan informasi mengenai begal ini. Ternyata Begal Itu adalah suatu perbuatan jahat berupa perampasan barang atau harta yang dipakai atau dikenakannya, ini seperti kasus kejahatan berupa penjambretan, penjarahan, serta perampasan. Bahkan, saya juga membaca sebuah artikel lainnya yang menjelaskan bahwa begal itu adalah sebuah genk atau biasanya terdiri dari beberapa orang (lebih dari satu) yang melakukan tidak kejahatan berupa perampasan harta benda serta penjarahan perhiasan yang dikenakan oleh korban.

Bahkan, salah satu berita mengatakan bahwa begal tidak akan segan-segan melukai korban yang tidak mau menyerahkan harta, perhiasan mereka kepada kawanan pembegal ini. Sehingga itu membuat masyarakat Indonesia semakin takut akan perbuatan mereka ini. Saya sendiri juga berpikiran bahwa saya tidak berani keluar sendirian saat malam hari.

Kapan dan Dimana Begal Berakasi?
Setelah saya mengetahui begal itu apa, saya mencoba mencari sumber-sumber lainnya mengenai begal itu sendiri. Seperti apa yang di ceritakan teman saya tadi, begal sendiri melancarkan aksi-aksinya pada malam hari, bahkan pada tengah malam. Itu bertujuan agar lebih mempermudah aksi mereka dalam mendapatkan korban. Pada umumya, jika malam hari hampir semua orang sudah beristirahat, mungkin ada beberapa orang yang masih bekerja.

Benar saja mereka melakukan aksi mereka pada malam hari, sehingga jalanan menjadi sepi karena orang-orang sudah tertidur lelap dan pasti mereka akan lebih leluasa dalam merampas harta-harta korban. Dimana biasanya begal itu melancarkan aksinya? begal melancarkan aksi mereka pada saat malam hari dan tentu saja di tempat yang sepi. Mungkin tempat itu saat rawan tindak kejahatan sebelum nama begal mencuat di kalangan masyarakat. Sebaiknya anda tidak melewati jalanan yang sepi atau rawan pada malah hari, terlebih jika hanya sendirian.

Siapa dan Apa Barang yang di rampas?
Begal identik dengan perampasan barang-barang yang berharga pada jalanan yang sepi dan pada waktu malam hari. Lalu siapakah sasaran dari begal itu sendiri? Sasaran dari begal adalah mereka yang mengenakan sepeda motor yang bagus serta membawa barang yang berharga. Mungkin itulah yang dicari para pembegal. DSari berbagai kasus pembegalan, bisanya wanita yang sering menjadi korban pembegalan ini. Tak heran juka begal memilih wanita sebagai korban mereka. Karena mereka menganggap wanita itu lemah dan memiliki barang-barang yang berharga sangat banyak.

Kita sudah tau sendiri bahwa begal itu mengincar barang-barang yang memiliki harga jual tinggi, seperti kalung, uang, atau bahkan motor korban yang dirampas. Dari berbagai kasus yang terjadi, pembegalan motor adalah yang paling banyak, bagaimana tidak banyak? Motor memiliki harga jual yang sangat tinggi sehingga para begal melancarkan aksinya dengan cara menghadang korban di jalanan yang sepi, dan sesegera dengan cepat merampas motor korban atau bahkan bersama harta benda lainya.

KESIMPLAN:
Begal adalah seorang atau bahkan terdiri dari beberapa orang yang melakukan tindak kejahatan berupa merampas, menjambret barang-barang yang berharga (misal: Motor, Handphone, Uang, Kalung, gelang dll.) Begal dalam melancarkan aksinya tidak segan-segan untuk melukai korbannya dengan ancaman senjata tajam atau ancaman pembunuhan apabila korban tidak mau menyerahkan harta benda mereka.

Begal melancarkan aksinya di daerah yang rawan dengan kejahatan seperti ditengah sawah atau daerah yang jauh dari tempat penduduk, dengan maksud untuk mempermudah menlancarkan aksinya. Serta biasanya dilakukan pada malam hari, serta tidak sedikit pembegal yang melakukan aksinya pada siang hari. Pada umumnya pembegal mengincar kaum wanita dengan harapan mendapatkan harta yang lebih banyak, seperti perhiasan dan kendaraan yang mereka gunakan.

*Waspada sangat diperlukan, jika perlu anda membawa senjata untuk mengantisipasi pembegal pada saat malam hari. Jika anda pulang kerja pada tengah malam, sebaiknya anda mencari teman untuk pulang bersama-sama dan usahakan untuk melewati jananan yang masih ramai atau dekat dengan perkampungan atau rumah penduduk. Ini semua untuk meminimalisir anda untuk dibegal. Tunggu tips dari saya mengenai cara agar terhindar dari kejahatan begal atau Tips agar tidak di begal.

Sekian artikel mengenai begal dari saya, semoga dengan membaca artikel "Sebenarnya Apa Itu Begal Sih?" anda mendapatkan pengetahuan baru dan informasi untuk keselamatan anda. Apabila ada salah kata dalam penulisan atau kata-kata yang kurang sopan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir salam dari saya, terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »