Monumen-Monumen Perjuangan Indonesia dan Letaknya


Monumen-Monumen Perjuangan Indonesia dan Letaknya

Monumen-monumen perjuangan di indonesia beserta letaknya - Mengingat jasa pahlawan yang telah gugur membuat kita yang merasakan kemerdekaan seharusnya akan erus mengenang jasa-jasanya yang telah membawa Indonesia ke depan pintu gerbang. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi pahlawan-pahlawan bangsa agar bisa seperti pahlawan yang gugur di medan perang, salah satunya adalah kita sebagai pelajar atau pemuda indonesia harus selalu menuntut ilmu setinggi-tingginya agar kita tidak kalah dengan warga asing. Sehingga indonesia akan menjadi lebih baik lagi di mata dunia.

Untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur, pemerintah indonesia membuatkan monumen perjuangan. Nah, kita sebagai jiwa muda harus tetap menjaga kedaulatan NKRI kita ini agar tetap berdiri sampai selama-lamanya. Terlepas dari itu semua, saya akan mengulas mengenai Monumen-monumen Nasional Perjuangan Bangsa Indonesia beserta tempat atau letaknya. Berikut ulasannya untuk anda:
Monumen-Monumen Perjuangan Bangsa Indonesia dan Letaknya

1. Monumen Nasional
Monumen Nasional (Monas) adalah monumen yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat indonesia untuk memperjuangkan Kemerdekaan bangsa Indonesia. Monumen ini terletak di lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

2. Monumen Pahlawan Revolusi
Monumen Pahlawan revolusi adalah Monumen yang dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.Monumen ini terletak Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur 

3. Monumen Yogya Kembali
Monumen Yogya Kembali adalah monumen yang dibuat sebagai peringatan dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda. Letaknya di bagian utara kota Yogyakarta.

4. Monumen Yos Sudarso
Monumen Yos Sudarso adalah tugu prasasti yang didirikan sebagai wujud penghormatan bagi para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962. Letak monumen ini berada di Jalan Pemuda Kota Tegal, Jawa Tengah, tepat di depan Gedung DPRD Kota Tegal.

5. Monuman Palagan Ambarawa
Monumen Palagan Ambarawa adalah Monumen yang dibuat sebagai simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945 Ambarawa. Letaknya berada di Ambarawa, Kabupaten Semarang.

6. Monumen Tugu Muda
Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang. Lataknya berada di pusat Kota Semarang.

7. Monumen Slamet riyadi
Monumen Slamet Riyadi ini adalah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa pehlawan khususnya Slamet riyadi. Letak monumen ini berada di Perempatan Gladag (Area Benteng Vastenrbug) Solo.

Selain ke-7 Monumen di atas masih banyak lagi monumen-monumen di Indonesia yang khusus memperingati atau mengenang jasa-jasa pahlawan indonesia yang telah memperjuangkan bangas indonesia untuk membawa kemerdekaannya.

Monumen Lainnya:
Monumen Tentara Pelajar; Monumen Perjuangan 3 Oktober 1945; Monumen Gerakan Banteng Nasional; Monumen WR. Supratman; Monumen Tugu Bambu Runcing; Monumen Nilai – nilai 1945 (Jenderal Sudirman); Monumen Pruputan; Monumen RRI; Monumen Perjuangan Lemah Abang; Monumen Mr. K. R. M. Wongsonegoro; Monumen Proklamator Soekarno – Hatta.

Demikian Ulasan Saya mengenai Monumen-Monumen Perjuangan Indonesia dan Letaknya, semoga dengan membaca ulasan saya ini, soba dapat menemukan informasi yang membuka mata anda untuk mengerti bahwa indonesia adalah bangas yang merdeka dan bebas dari penjajahan, maka kita sebagai generasi bangsa harus menjaga dan memperjuangkan kedaulatan NKRI kita. Salam dari saya, sekian terima kasih.

BAGIKAN ARTIKEL

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »