Cara Belajar Paling Efektif Menjelang Ujian 100% Mendapat Nilai bagus!

Cara Belajar Paling Efektif Menjelang Ujian 100% Mendapat Nilai bagus! - Saya akan memberikan kepada anda bagaimanakah CARA atau TIPS BELAJAR DENGAN BAIK, PALING EFEKTIF DAN EFISIEN MENJELANG UJIAN. menurut apa yang sudah saya lakukan selama ini. Ada beberapa Tips yang anda harus ketahui tentang belajar. Belajar tidak hanya membaca ataupun menulis ataupun mengerjakan PR
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasildari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.


Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

          Berikut ini TIPS Untuk Menguasai Materi Sebelum Mengikuti Ujian yang saya akan berikan kepada sobat mengenai bagaimanakah TIPS BELAJAR Paling Efektif dan Efisien Menjelang Ujian menurut pengalaman saya selama menjadi pelajar. Mungkin anda dapat membacanty dan menerapkannya.

Cara Belajar Paling Efektif Menjelang Ujian 100% Mendapat Nilai bagus!


  • Aktif Mengikuti Pembelajaran
          Pada Tips belajar efektive yang pertama, anda harus aktif dalam mengikuti Pembelajaran. Aktif di sini bukan berarti selalu berangkat ke sekolah saja, namun Aktif di sini adalah selalu mengikuti proses pembelajaran di sekolah dengan baik, memperhatikan dan selalu mengerjakan setiap tugas yang di berikan oleh Bapak atau Ibu guru dengan baik.
  • Memiliki Rangkuman Materi Inti
        Dalam semua mata pelajaran pasti memiliki materi Inti atau pokok . Nah, anda sebaiknya memiliki rangkuman materi tersebut, usahakan rangkuman ini anda tulis dengan rapi, sehingga mempermudah anda dalam mempelajari kembali materi tersebut.
  • Mengulang Kembali Materi Tersebut
           Setelah anda mencatat apa yang telah Bapak Ibu guru berikan, cara yang efektif adalah membaca kembali ringkasan tersebut, sampai anda memahami materi tersebut. Jika anda kurang paham anda dapat menannyakan kepada Bapak/ibu guru kembali.
  • Hindari sistem KBS (Kebut Belajar Semalaman)
           Banyak pelajar menerapkan sitem KBS (Kebut Belajar Semalaman) dalam belajar. Cara ini tidak Efektivel, karena KBS akan membuat anda lelah, ketika anda Kebut suatu materi dalam Satu Malam anda akan kurang istirahat, anda akan merasa lelah, sehingga pada waktu anda mengikuti proses KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar) di sekolah anda akan kurang konsentrasi dalam pembelajaran.
  • Disiplin
           Pada cara ini paling menentukan apakah anda akan berhasil atau tidak dalam melakukan sesuatu hal apapun. Disiplin di sini selalu mengerjakan Tugas dengan bauk, memiliki waktu untuk belajar, dan selalu menjalankan apa yang telah anda atur dengan Disiplin.
  • Perbanyak Mengerjakan Soal-soal Latihan
Dengan cara ini anda akan mengetes seberapa besar anda menguasai materi tersebut. apakah anda belum tuntas atau anda sudah tuntas dalam materi tersebut. Jika anda kurang tuntas dalam materi tersebut, sebaiknya anda mempelajari kembali apa yang belum anda mengerti dalam materi dan menanyakan kepada Bapak atau Ibu Guru di sekolah.
  • Kerjakan apa yang Paling Mudah
           Ketika anda mencoba menerapkan kemampuan anda untuk mengerjakan Soal-soal, sebaiknya mulailah dari soal yang termudah menuju ke soal yang lebih sulit. Ini akan membantu anda lebih mudah dalam mengerjakan Soal tersebut, ketika anda mencoba mengerjakan soal yang sulit terlebih dahulu, itu akan menguras waktu dan pikiran lebih besar, dan belum tentu Jawaban anda benar, lebih baik anda mengerjakan dari soal yang termudah.
  • Memperbanyak Pengetahuan
           Dalam era globalisasi saat ini mempermudahkan kepada kita untuk memperkaya pengetahuan kita. Kita dapat mencari itu dari berbagai sumber, dari Media Televisi, Buku-Buku, Koran, Internet, dll. dalam pembelajaran yang efektif, sebaiknya kita memperbanyal pengetahuan kita dengan cara membaca buku, mencari di internet dll.
  • Berdoa & Meminta Pertolongan Allah
Mungkin tips terakhir ini, yang paling menentukan apakah anda berhasil atau tidak dalam melakukan sesuatu hal. Dekatkan diri anda kepada Allah, karena dengan bimbingan-Nya anda akan diberikan kemudahan dalam melakukan sesuatu hal.

         Nah, mungkin hanya sederhana TIPS Belajar yang Efektif dan Mudah Paham. Ini bukan untuk acuan anda dalam belajar, saya hanya sekedar berbagi kepada anda tentang apa yang saya lakukan ketika belajar dengan efektif dan mudah.

"Sesungguhnya belajar yang paling baik akan muncul dalam diri anda sendiri. Dengan keinginan yang kuat dan Percaya kepada Allah maka anda pasti akan mendapatkan, apa yang anda inginkan."

         Demikian Tips Pelajar dari saya mengenai TIPS BELAJAR PALING EFEKTIF DAN EFISIEN SEBELUM MENGIKUTI UJIAN yang dapat saya berikan, semoga ini membantu anda dalam belajar dan meraih masa depan anda dengan baik. TERIMA KASIH.

10 Komentar untuk "Cara Belajar Paling Efektif Menjelang Ujian 100% Mendapat Nilai bagus!"

  1. tipsnya bagus gan, ane bisa lebih efektif belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. semoga bermanfaat bagi sobat :D

      Hapus
  2. mantap gan info yang menarik terutama sya yg belajarny gak efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. kalau begitu mulai sekarang mulai belajar dengan giat, jangan hanya main komputer terus,,, :D

      Semoga bermanfaat

      Hapus
  3. boleh juga tipsnya mantap lah bro, keren :D

    BalasHapus
  4. Thanks Gan Sudah Kasih Tau Tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, emoga tips saya mengenai TIPS BELAJAR PALING EFEKTIF ini sangat membantu sobat..

      terima kasih :D

      Hapus
  5. gan info nya saiiiiii,............ ane jadi tertarik kunjung terus di blog ente. visit back gan !!!

    site:berita-teknologi-kw2.blogspot.com

    BalasHapus
  6. kalau saya sih suka menulis pokok materi gan . Karena paling efektif buat saya :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel