Daftar 10 Nama Negara Anggota Asean Beserta Profilnya

Daftar 10 Negara Anggota Asean - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau juga Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) merupakan sebuah perhimpunan atau organisasi antar bangsa kawasan Asia Tenggara dalam bidang geo-politik dan ekonomi. Organisasi ASEAN dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan egara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Dengan 5 negara pendiri organisasi ini yaitu, Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, dan Thailand. Sejak dideklarasikan pada tahun 1967, sampai saat ini anggota Asean berjumlah 10 negara yang bergabung. Brunei Darussalam bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar bergabung pada tanggal yang sama yaitu,  23 Juli 1997. Sedangkan anggota terakhir yang bergabung adalah Kamboja, yang bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Berikut ini adalah 10 Negara anggota Asean:

INDONESIA
Profil anggota Asean - Indonesia
Profil negara indonesia
Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang termasuk kedalam 5 anggota pendiri ASEAN. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia memiliki wilayah lautan dan daratan yang cukup luas di Asia Tenggara. Indonesia memiliki kurang lebih 17.5 ribu pulau-pulau yang tersebar dalam 34 provinsi di Indonesia.


Luas wilayah Indonesia kurang lebih 5.193.250 km² yang meliputi wilayah lautan serta daratan. Luas lautan Indonesia kurang lebih 3.273.810 km² serta luasan daratan Indonesia kurang lebih 1.919.440 km² .Sehingga Indonesia sering dijuluki sebagai negara maritim karena sebagian besar indonesia merupakan wilayah lautan.

FILIPINA
Profil anggota Asean - filipina
Profil negara Filipina
Filipina adalah salah satu negara yang berbentuk Republik di Asia tenggara. Filipina merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN. Filipina terletak di Utara Indonesia dan Malaysia. Seperti Indonesia, Filipina juga merupakan salah satu negera berbentuk kepulauan yang mencapai kurang lebih 7 ribu pulau yang ada di Filipina. Ibukota negara Filipina adalah Manila. Republik filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946. Bahasa Filipino atau tagalog adalah bahasa nasional Filipina. Luas wilayah negara Filipina adalah 300.000 km2

MALAYSIA
Profil Negara Asean - Malaysia
Profil negara Malaysia
Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk Federasi. Negara Malaysia terdiri dari 13 negara bagian serta 3 wilayah persekutuan. yang meliputi Pahang, Selangor, Negeri Sembilan, Kedah, Johor, Kelantan, Melaka, Perlis, Terengganu, Pulau Pinang, Perak, Sabah dan Sarawak. Ibukota negara malaysia adalah Kuala Lumpur. Negara Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957. Penduduk malaysia menggunakan bahasa resmi (Bahasa Melayu) dalam kehidupan sehari-hari mereka.

SINGAPURA
Profil Negara Asean - Singapura
Profil negara Singapura
Singapura adalah negara yang berbentuk Republik yang ada di Asia Tenggara. Singapura merupakan salah satu pelopor berdirinya organisasi ASEAN. Singapura merupakan negara koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819. Singapura menjadi salah satu Negara Maju di dunia, tak heran jika perekonomian Singapura sangat kuat di dunia. Bahasa resmi yang digunakan Singapura adalah Bahasa Inggris, Melayu, Tamil, dan Mandarin. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura mendapatkan kemerdekaannya dari Federasi Malaysia.

THAILAND
Profil negara Asean - Thailand
Profil negara Thailand
Thailand adalah negara di Asia tenggara yang berbentuk kerajaan. Ibukota negara Thailand adalah Bangkok dengan bahasa yang digunakan adalah bahasa Thai. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah merasakan penjajahan dari negara-negara Eropa. Thailanda didirikan pada pertengahan abad ke-14.

Itulah ke-5 Negera pendiri organisasi ASEAN. Selain kelima negera itu, sampai saat ini masih ada 5 negara yang juga bergabung kedalam ASEAN atau sudah 10 negara yang bergabung. Berikut 5 Negara yang sudah bergabung di ASEAN.

BACA JUGA: Arti lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean 2017

  • Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984) 
Brunei Darussalam adalah anggota ASEAN yang pertama kali bergabung sebelum negara-negara lain bergabung. Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Mata Uang negara Brunei adalah Dolar Brunei dan bahasa yang digunakan oleh warga negara brunei adalah bahasa Melayu. Brunei merdeka pada tanggal 1 Januari 1984.
  • Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995) 
Vietnam menjadi anggota kedua yang masuk ke organisasi ASEAN selain anggota pendiri. Ibukota negara Vietna adalah Hanoi. Mata uang negara Vietnam adalah Dong dan bahasa nasional adalah bahasa Vietnam. Vietnam merdeka pada tanggal 2 September 1945.
  • Laos bergabung pada (23 Juli 1997) 
 Laos adalah salah satu negara di Aseia Tenggara yang tergabung kedalam Asean. Ibukota negara Laos adalah Vientiane. Bahasa yang resmi adalah bahasa Laos dan mata uang negara laos adalah Kip Laos. Hari kemerdekaan Laos adalah tanggal 19 Juli 1949.
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997)
Myanmar adalah salah satu negara di Asia tenggara yang bergabung kedalam organisasi ASEAN pada tahun 1997. Ibukota negara Myanmar adalah Rangoon atau Yangon. Bahasa yang digunakan atau bahasa resminya adalah bahasa Myanmar dengan mata uang negara Myanmar adalah Kyat Myanmar. Myanmar merdeka pada tanggal 4 Januari 1948 dari Inggris.
  • Kamboja bergabung pada (30 April 1999)
Kamboja adalah negara terahir di Asia tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Ibukota negara Kamboja  adalah Phnom Penh. Mata uang negara Kambodia adalah Riel Kamboja dan bahasa resmi adalah bahasa Khmer. Kamboja atau kambodia merdeka pada tanggal 9 Nopember 1953 dari negara perancis.

NOTE: Eits, selain 10 Negara Anggota ASEAN tersebut diatas, nampaknya Timor Leste akan bergabung pada tahun 2017 ini untuk menjadi anggota ASEAN. Sehingga apabila Timor leste resmi bergabung, maka jumlah anggota ASEAN kan menjadi 11 anggota.

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila ada suatu hal yang ingin dipertanyakan atau kita diskusikan, silakan untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Sukses... :) EmoticonEmoticon