Arti Lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean

Arti lambang asean
Arti lambang ASEAN Beserta Keterangannya
Arti Lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean - Tentu saja kita semua tahu bahwa, Indonesia adalah salah satu negara anggota ASEAN. Terlepas dari Indonesia dari anggota ASEAN, pada saat ini saya mau membahas mengenai lambang ASEAN itu sendiri. Mungkin ada yang belum tau mengenai lambang asean? Kalau belum tau lihat diatas artikel saya ini, itulah yang namannya lambang ASEAN, tentu saja lambang tersebut sudah tidak asing bagi kita, pasalnya kita sering melihat atau menemukan lambang tersebut ketika kita mempelajari ilmu sosial, logo tersebut pasti ada ketika materi yang kita pelajari adalah hubungan internasional khususnya negara asia tenggara ini. Lalu apa kamu hanya tau bentuk dari lambang asean tersebut? apakah kamu mengerti Makna Lambang ASEAN? jika kalian belum mengetahui Arti dari Lambang Asean silakan sobat untuk mengetahuinya melalui artikel saya ini:

ARTI LAMBANG ASEAN
Lambang ASEAN adalah lambang resmi ASEAN yang diresmikan penggunaannya pada Juli 1997 bersama dengan Bendera ASEAN. Meskipun lambang ini sudah digunakan bertahun-tahun, panduan resmi gambar dan penggunaan lambang ini ditetapkan pada Pertemuan ke-6 Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC), di Hanoi, 8 April 2010.

Berikut adalah Arti Lambang Asean:
1. Biru Melambangkan Perdamaian dan stabilitas
2. Merah Melambangkan Semangat dan kedinamisan
3. Putih melambangkan kesucian
4. Kuning melambangkan kemakmuran
5. Ikatan Rumpun Padi melambangkan Harapan para tokoh pendiri ASEAN agar terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan social
6. Lingkaran melambangkan kesatuan
Berikut adalah Makna Lambang Asean:
1. Lambang ASEAN ini digunakan sebagai lambang resmi ASEAN.
2. Lambang ASEAN melambangkan kemantapan, perdamaian, persatuan, dan dinamika ASEAN. Warna-warna lambang — biru, merah, putih dan kuning — adalah warna-warna yang digunakan dalam berbagai bendera negara-negara anggota ASEAN.
3. Warna biru melambangkan perdamaian dan kemantapan, merah melambangkan keberanian dan dinamika, putih melambangkan kesucian, dan kuning melambangkan kemakmuran.
4. Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN. hal ini melambangkan harapan para bapak pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
5. Lingkaran melambangkan persatuan ASEAN.
6. Hak cipta Lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN.

Semboyan ASEAN
“Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas" (One Vision, One Identity, One Community)

Arti Lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean - Nah itu adalah ke-enam Makna serta Arti Lambang ASEAN dan Semboyan ASEAN. Setalah kita mengerti makna atau arti dari lambang asean dan Semboyan Asean mungkin anda bertanya-tanya mengenai "sekarang anggota asean negara mana saja?" Nah, maka dari itu saya juga akan memberikan kepada anda mengenai Negara-negara yang menjadi anggota ASEAN 2016 ini, dan berikut adalah daftarnya:
  • Filipina (negara pendiri ASEAN)
  • Indonesia (negara pendiri ASEAN)
  • Malaysia (negara pendiri ASEAN)
  • Singapura (negara pendiri ASEAN)
  • Thailand (negara pendiri ASEAN)
  • Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
  • Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995)
  • Laos bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  • Kamboja bergabung pada (16 Desember 1998)
Dan itulah 10 Negara yang menjadi anggota ASEAN, dengan 5 anggota pendiri Asean adalah Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Thailand. Serta disusul 5 anggota yang bergabung untuk melengkapi menjadi 10 Negara Anggota Asean ini tentunya.

Sekian artikel saya mengenai Arti Lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean semoga dengan membaca artikel saya ini, anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang belum anda ketahui sebelumnya. Serta jangan lupa mencari artikel-artikel bermanfaat lainnya di blog saya ini. Sekian terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
2/20/2016 3:16 AM delete

pelajaran SMP dulu :D tapi akhirnya baru ke ingat lagi sekarang, hehe

Reply
avatar
2/20/2016 7:38 AM delete

Yup kembali ke nasa SMP. ASEAN ada di mata pelajaran PPKN waktu itu, saya apal bener yang satu ini.. ngoahaa..

Reply
avatar

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila ada suatu hal yang ingin dipertanyakan atau kita diskusikan, silakan untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Sukses... :) EmoticonEmoticon