Daerah-Daerah Penghasil Timah di Indonesia


DAERAH PENGHASIL TIMAH DI INDONESIA
Daerah-Daerah Penghasil Timah di Indonesia - Indonesia dikenal dengan banyak sumber daya alamnya, salah satunya adalah timah. Berikut adalah daftar daerah penghasil timah yang ada di Indonesia.


Timah merupakan elemen keempat dan kolom ke-14 dari tabel periodik unsur kimia. Timah diklasifikasikan kedalam logam pasca-transisi. Atom pada timah mempunyai 50 elektron dan 50 proton dengan empat elektron valensi pada kulit terluar.



Berikut adalah daftar daerah penghasil timah di Indonesia.

1. Bakinang, Riau.
Pulau Singkep dikenal sebagai Pulau Penghasil Timah dengan reputasi penambangan selama hampir dua abad (1812-1992)

2. Dabo, Pulau Singkep.
Salah satu penghasil timah ada di pulau singkep, diperkirakan sekitar 45.000 ha lahan di Pulau Singkep telah dimanfaatkan sebagai basis kegiatan penambangan timah selama hampir seratus delapan puluh tahun

3. Manggar, Pulau Belitung.
Pulau Bangka Belitung sudah sangat lama dikenal dengan sumber daya alam timahnya, dan menjadi pulau penghasil timah terbesar di indonesia.

Baca Juga: Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

4. Sungai Liat, Pulau Bangka.
Pada daerah ini terdapat kandungan timah pada pasirnya. Pulau Bangka Belitung sudah sangat lama dikenal dengan sumber daya alam timahnya, dan menjadi pulau penghasil timah terbesar di indonesia.


Dari ke empat daerah penghasil timah itu tidak ada yang berada di pulau jawa, semua diluar pulau jawa. Karena memang kandungan timah terbesar terdapat di daerah-daerah tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait