Daerah-daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia


Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia
Sebutkan Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia - Indonesia memang memiliki banyak sekali sumber daya alam, salah satunya adalah gas alam. Apa itu gas alam? Gas alam merupakan bahan bakar fosil yang berbentuk gas yang umumnya terdiri dari gas metana.Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas.

Indonesia mempunyai cadangan gas alam yang sangat besar. Saat ini, negara Indonesia mempunyai cadangan gas terbesar ketiga di wilayah Asia Pasifik (setelah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok/China),  Indonesia berkontribusi sebesar 1,5% dari total cadangan gas alam yang ada di dunia (BP Statistical Review of World Energy 2015).
Cadangan gas alam Indonesia tersebar di berapa daerah. Kebanyakan pusat produksi gas alam terletak di lepas pantai, dan berikut adalah daerah yang memiliki produksi gas terbesar di Indonesia.


Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

1. Arun, Aceh
Salah satu daerah penghasil gas adalah Arun yang berlokasi di Lhokseumawe, Aceh Utara. PT Arun Natural Gas Liquefaction, perusahaan ini memiliki 6 unit pengolahan, namun saat ini hanya 2 unit yang beroperasi dikarenakan menipisnya cadangan gas alam di sana.

2. Bontang, Kalimantan Timur
Kalimantan memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah, salah satunya gas alam. PT Badak Natural Gas Liquefaction, perusahaan pengolah gas alam cair terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG yang terbesar di duniayang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur.

3. Tangguh, Papua Barat
Ladang Gas Tangguh merupakan sebuah ladang gas alam yang terletak di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Ladang gas ini mengandung lebih dari 500 miliar m³ cadangan gas alam. Proyek LNG Tangguh mulai dibangun sesuai dengan persetujuan akhir dari Pemerintah Republik Indonesia dan partner pada bulan Maret 2005.

Baca Juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat dan Dapat Diperbaharui

4. Pulau Natuna, Kepulauan Riau
Kepulauan Natuna memiliki cadangan gas alam terbesar di kawasan Asia Pasifik bahkan di Dunia. Di dalam perut buminya juga bergelimang minyak.

5. Jawa Barat
Daerah Jawa Barat juga memiliki kandungan gas alam yang cukup melimpah. Pemerintah Indonesia telah mendirikan PT Nusantara Regas yang merupakan hasil kerjasama antara PT Pertamina dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN)yang ber

Demikian beberapa daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia, gas alam merupakan gas yang tak terbaharukan yang harus dibentuk dari proses alam yang sangat panjang bisa sampai berjuta-juta tahun untuk mendapatkan sumber daya ini kembali. Kita sebagai warga negara Indonesia, alangkah baiknya jika kita ikut menjaga kekayaan sumber daya alam yang ada di negara kita. Langkah yang dapat kit ambil adalah dengan menghemat pemakaian gas alam sesuai kebutuhan kita.

Artikel Terkait