Tips Menjadi Anak Baik dan Soleh

Tips Menjadi Anak Soleh
Tips Menjadi Anak Soleh
Tips Menjadi Anak Baik dan Soleh - Hallo Sobat, Hujan deras mengguyur ketika saya membuat artikel ini, rasanya males ketika hujan-hujan seperti ini harus mengerjakan tugas yang banyak, enaknya sih kalau tidur-tiduran, Yah, namun saya ini anak yang menurut sama orang tua sih, jadi tidak ada kata malas kalau urusan bantu membantu atau dalam menyelesaikan tugas. Oke, lalu apa yang mau saya bahas kali ini? Saya akan membahas mengenai Anak Soleh, anda tau anak soleh itu seperti apa? Ya seperti saya ini, yang suka membantu orang tua dan tidak pernah membantahnya :v

TIPS MENJADI ANAK SOLEH

Seberapakah kita sudah memberikan hal yang terbaik kepada orangtua kita? Seberapa besar cinta yang kita curahkan kepada orangtua kita? Seberapa pengorbanan yang sudah korbankan untuk mereka? Masih banyak di antara kita yang belum mampu mencintai atau bahkan belum bisa menghormati kedua orangtuanya. Banyak hal itu terjadi karena masalah keluarga yang mereka alami, baik pertengkaran kedua orangtuanya ataupun masalah lainnya. Bagi sobat yang masih melawan orang tua anda, saya akan memberikan Tips untuk anda agar mampu membanggakan kedua orang tua kita. bagaimana caranya? Mari kita bahas bersama sama di bawah ini:

Menyayangi atau membanggakan kedua orangtua kita adalah hal yang paling mulia di dunia ini. Karena mereka telah membesarkan kita dari kecil hingga dewasa serta mampu memberikan kepada kita pengetahuan serta ilmu keagamaan yang merupakan bekal kita untuk menuju surga. Sehingga sangat perlu bagi kita untuk menghormati mereka. Nah, agar kita mampu menghormati mereka dengan membanggakan mereka berdua, silakan membaca tipsnya berikut ini:

Jangan Meninggikan Suara
Mungkin anda bertanya-tanya mengenai tips yang satu ini. Maksud saya di sini kita jangan pernah berteriak atau bahkan membentak kedua orang tua kita. Jangan menggunakan suara yang bernada keras kepada orang tua kita. Misalnya, ketika kita bapak/ibu kita tidak memiliki uang jajan kita, maka kita jangan membentak mereka karena tidak di beri uang jajan, karena memang mereka tidak punya uang untuk kalian, maka kita dapat mengambil sebagian tabungan kita untuk iu

Baca Juga : Tips Menabung untuk Pelajar

Jangan Pernah Memarahi Mereka
Jangan sesekali memarahi ibu bapa walaupun ada yang kita rasakan tidak betul pada mereka. Teguran mesti disampaikan secara sopan. Mengapa perkara ini disampaikan berulang kali? Kerana ia sangat penting untuk kita jaga. Jangan sesekali membentak mereka meskipun mereka di pihak yang salah.

Jangan Berleter Kepada Ibu Bapa
Jangan mengajari, menasihati atau memberi ceramah kepada ibu bapa. Apabila mahu memberi pandangan atau ibu bapa meminta pendapat kita, perlulah memberikan dengan sopan dan berhikmah. Mungkin banyak perbezaan pandangan, pendapat, pengetahuan dalam banyak perkara yang tidak mungkin pernah sama. Tetapi mereka berhak bagi mendapatkan cinta dan sayang dari kita.

Jangan Menyampuk Perbicaraan
Jangan sekali-kali menyampuk perbicaraan ibu bapa. Ini etika asas yang mesti dipahami secara betul. Jika etika ini kita terus lakukan hingga dewasa, ini akan menjadi nilai yang baik. Kita tahu bila sepatutnya bercakap dan bila kita perlu memerhatikan dengan baik. Kebolehan mendengar dan memperhatikan dengan baik jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Sebaagian besar hanya pandai dalam hal percakapan, tetapi cukup apabila perlu mendengar dengan baik percakapan orang lain.

Menjaga Hati Orangtua
Tatacara lain adalah sikap sehari-hari iaitu mengutamakan atau mendahulukan ibu bapa dalam segala aktivitas seperti memberikan tempat duduk, mempersilakan makan minum dan sebagainya. Akhlak ini jarang kita dapati pada jiwa anak muda hari ini.
Apabila berhadapan dan berbicara dengan ibu bapa mesti bersikap sopan, tidak bercekak pinggang, tidak melutut, tidak bersuara keras dan membentak.

Membantu Tanpa Harus di Minta
Apabila melihat ibu atau bapak kita dalam kesusahan seperti mengangkat beban berat dan mengerjakan pekerjaan berat lain, tanpa diminta kita sepatutnya segera membantu. Selain itu kita dapat mencuci pakaian kita sendiri serta membantu hal-hal pekerjaan di rumah, seperti menyapu, mencuci piring, dll. Itu akan membuat mereka bangga memiliki anak seperti anda.

Doakan Orangtua Kita
Doakan kedua orang tua kita kepada Tuhan untuk diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan mereka, diberikan umur yang panjang dan kesehatan serta rezeki yang melimpah agar suatu kelak jika kita sudah sukses mereka masih ada bersama kita untuk berhagia bersama.


KESIMPULAN
Untuk menjadi anak soleh yang perlu di lakukan adalah mengubah pola perilaku yang tidak baik kepada orang tua kita menjadi perilaku yang baik, membanggakan dan mengharumkan nama orangtua kita, selain itu kita juga perlu menghormati orang lain yang lebih tua daripada kita. Banyak hal yang masih belum kita mengerti dalam hidup ini tanpa campur tangan kedua orang tua kita, ttidak menghormati mereka adalah hal yang salah. Maka mulai sekarang peluk kedua orang tuan kita dan meminta maaf jika kita telah berbuat salah kepada mereka, itu akan membuat mereka terharu, karena anaknya telah berubah dan menjadi membanggakan mereka. Berdoalah kepada Allah untuk penyertaan kasihNya kepad keluarga kita agar tetap di berkati dan dilindungi.

Sekian Tips saya mengenai Tips Menjadi anak Soleh. Semoga dengan membaca artikel saya ini kalian mampu berubah dari hal yang buruk untuk menjadi yang baik, dan mampu membahagiakan kedua orangtua kalian. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Big Thank's.

Thanks:
https://aqilahnik.wordpress.com/2013/12/22/tips-jadi-anak-soleh-solehah-amin/

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila ada suatu hal yang ingin dipertanyakan atau kita diskusikan, silakan untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Sukses... :) EmoticonEmoticon