Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana - Membicarakan sebuah kerajinan tentu kita telah mengenal Batik, karena batik ini adalah karya seni budaya bangsa indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Jadi, kita sebagai warga indonesia tidak boleh hanya bangga, namun kita harus mereliasasikan rasa bangga ini dengan cara melestarikannya, lalu bagaimana cara kita melastarikannya?

Kita bisa memperkenalkan budaya batik ini kepada dunia yang belum mengenal (saya rasa seluruh dunia telah mengetahui apa itu batik). cara melestarikannya kita dapat membuat kreasi untuk memperluas motif-motif baru yang lebih moder atau inofatif. Lalu bagaimana cara membuat bati? simak caranya dibawah ini:

Batik Tulis
Batik Tulis merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan Keraton. Batik terdiri dari berbagai motif dan setiap motif merupakan simbol bagai pemakainya, seperti motif parang dan motif kawung yang hanya boleh di kenakan oleh keluarga kerajaan. Pada perkembangannya, batik menyebar ke kalangan masyarakat umum.

Berikut saya akan memberikan kepada sobat, bagaimanakah cara membuat kerajinan batik tulis. Untuk lebih jelasnya baca tulisan saya di bawah ini. Ada beberapa alat dan langkah-langkah yang harus di perhatikan dan harus kita siapkan untuk membuat batik tulis secara tradisional. Dan berikut ulasannya :

Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional

I. Alat dan Bahan
  • Canting (alat corong dengan tangkai kayu yang digunakan untuk membatik)
  • Gawangan ( tempat yang digunakan untuk meletakkan kain yang akan dibuat batik. Biasanya alat ini dibuat dari bambu)
  • Wajan
  • Anglo atau Kompor kecil
  • Malam atau Lilin
  • Bahan pewarna (wedel atau tom)

II. Langkah Kerja
  1. Siapkan kain, buat motif di atas kain dengan menggunakan pensil atau lebih mudahnya gunakan kertas karbon
  2. Setelah motif selesai dibuat, sampirkan kain pada gawangan
  3. Nyalakan Kompor kecil atau Anglo. Letakkan lilin atau malam ke dalam wajan dan panaskan wajan dengan api yang kecil sampai malam tersebut mencair dengan sempurna biarkan api tetap menyala kecil
  4. Mulailah membatik dengan cara mengambil sedikit malam cair dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas, kemudian goreskan canting dengan mengikuti motif yang telah ada. Hati-hati jangan sampai malam cair menetes diatas permukaan kain karena akan mempengaruhi hasil motif batik.
  5. Setelah semua motif tertutup malam, maka proses selanjutanya adalah melaksanakan proses pewarnaan.
  6. Siapkan bahan pewarna yang telah anda siapkan kedalam ember, kemudian beri air yang secukupnya, kemudian celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna dengan menggunakan kuas, ulangi sampai beberapa kali untuk hasil yang lebih baik
  7. Tahap selanjutnya adalah proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod (menghilangkan lilin secara keseluruhan dengan cara pendidihan di dalam air panas atau lebih tepatnya lagi air hangat, sehingga lilin meleleh dan terlepas dari kain).
  8. Tahap terakhir dari proses pembuatab batik ini adalah proses pencucian dan penjemuran.
  9. Selesai, anda sudah memiliki kerajinan batik karya anda sendiri.
Demikian, saya telah memberikan kepada sobat tulisan saya di Tips Pelajar mangenai bagaimanakah Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana. Semoga langkah-langkah yang saya berikan kepada sobat ini mudah sobat ketahui dan sobat dapat membuat Kerajinan Batik Tulis ini dengan baik, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Terima Kasih anda telah membaca Tulisan saya ini, semoga bermanfaat bagi anda dan apabila ada kesalahan dalam penulisan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kerajinan Batik Tulis Tradisional Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel