Urutan dan Nama Planet-Planet Dalam Sistem Tata Surya

Tata Surya adalah kumpulan banda langit (planet beserta benda langit lainnya) yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua obyek yang terikat gravitasinya. Tata Surya sendiri terbagi menjadi Matahari, empat planet dalam, Sabuk Asteroid, empat planet bagian luar, dan Sabuk Kuiper dan piringan tersebar yang termasuk bagian yang paling luar.

Terlepas dari bagian Tata Surya, saat ini saya akan membahas secara spesifik mengenai Urutan 8 Planet-Planet yang berada di Sistem Tata Surya. berikut saya akan memberikan penjelasannya kepada anda:

Urutan Planet -Planet yang berada di Sistem Tata Surya
Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya


Secara umum planet adalah  benda langit yang tidak dapat mengeluarkan panas ataupun cahaya dan bergerak mengelilingi Matahari secara tetap. Jumlah Planet yang ditetapkan oleh Persatuan Astronomi Internasional atau IAU (International Astronomical Union) adalah 8 buah Planet, dan berikut adalah Urutan Nama 8 Planet-Planet dalam Sistem Tata Surya:
1. MERKURIUS
Merkurius merupakan planet yang terdekat dari Matahari dan planet terkecil yang mana massa planet Merkurius sama dengan 0,055 Massa Bumi. Planet ini sering disebut dengan sebutan Bintang Senja dan Bintang Pagi. Planet ini tidak memiliki Planet Alami satu pun.

Jarak Planet Merkurius dari Matahari, berjarak 57,9 juta km dengan kala rotasi Planet Merkurius 59 hari dan Kala Revolusi Planet Merkurius berkisar 88 hari.

2. VENUS
Venus merupakan planet yang terletak paling dekat dengan Bumi. Venus memiliki ukuran mirip dengan ukuran Bumi, yang mana Planet Venus sebesar 0,815 dari ukuran Bumi, dengan demikian Venus seing dijuluki Planet "Saudara" Bumi karena ukurannya yang sangat mirip. Planet Venus tidak memiliki satelit alami.

Planet Venus sering disebut dengan sebutan Bintang Fajar, Bintang Timur dan Bintang Kejora. Jarak Planet Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km dengan Kala Rotasi 143 hari dan kala revolusi 22,4 hari.

3. BUMI
Bumi merupakan planet satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki aktivitas mahluk hidup. Bumi memiliki satu satelit alami yang disebut dengan Bulan, Bulan merupakan Satelit paling besar dari planet kebumian dalam Sistem Tata Surya.

Jarak Bumi dari Matahari berjarak 150 juta km, dengan Kala Rotasi Bumi adalah 365,25 hari dan Kala Rotasi Bumi 24 Jam.

4. MARS
Mars merupakan Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini juga, sering dijuluki sebagai "Planet Merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi oksida di permukaan planet Mars. Planet Mars memiliki 2 Satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Jarak Planet Mars dengan Matahari adalah 247,1 Juta km dengan Kala Rotasi Mars selama 25,62 Jam dan Kala Revolusinya selama 687 Hari.

5. YUPITER
Yupiter merupakan raksasa gas dengan massa 1/1000 massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya. Planet ini dan raksasa gas lain di Tata Surya (yaitu Saturnus, Uranus, dan Neptunus) kadang-kadang disebut planet Jovian atau Planet luar. Menurut Romawi Kuno Yupiter adalah Raja Langit. Planet Yupiter Memiliki 16 satelit, diantaranya Lo, Europa, Gannymeda dan Callisto.

Jarak Planet Yupiter dari Matahari adalah 778 Juta km, dengan Kala Rotasi Yupiter selama 9jm 55 menut dan Kala Revolusinya selama 11,9 Tahun.

6. SATURNUS
Saturnus merupakan sebuah planet di tata surya yang dikenal juga sebagai planet bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, karena itulah Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Saturnus memiliki 18 Satelit dan yang paling besar bernama Titan.

Jarak Saturnus dari Matahari adalah 1.426 juta km, dengan Kala revolusi Planet Saturnus selama 29,5 tahun dan kala rotasi 10,7 jam

7. URANUS
Uranus merupakan planet yang paling ringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengedari Matahari dengan bujkuran poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini ditemukan oleh Sir William Herschel  pada tanggal 13 Maret 1781, menambah batas yang diketahui dari Tata Surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern. Uranus Memiliki 18 Satelit dan ada 5 yang terbesar yaitu: Miranda, Ariel, Umbiel, Titania, dan Oberon.

Jarak Uranus dari Matahari adalah 2.880 Juta km, dengan Kala Kala revolusi selama 84 tahun dan kala rotasi 17 jam.

8. NEPTUNUS
Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari. Planet ini dinamai dari dewa lautan Romawi. Neptunus merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter (49.530 km) dan terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada Bumi. Neptunus memiliki 8 satelit dan ada 3 yang terbesar yaitu: Triton, Nereid, dan Proteus.

Jarak Neptunus dari Matahari adalah 2.869 km, dengan Kala rotasi selama 6 jam dan kala revolusi 165 tahun.

Selain kedelapan Planet diatas pada tahun 2008 ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Orbit planet-planet kerdil, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet kerdil tersebut ialah:
  • Ceres (415 juta km. di sabuk asteroid; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kelima)
  • Pluto (5.906 juta km.; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan)
  • Haumea (6.450 juta km), 
  • Makemake (6.850 juta km)
  • Eris (10.100 juta km).

Dengan demikian, selesai sudah ulasan saya menenai "Urutan Nama-Nama Planet dalam Sistem Tata Surya", semoga dengan membaca ulasan saya ini, and akan terbantu, terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila ada suatu hal yang ingin dipertanyakan atau kita diskusikan, silakan untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Sukses... :) EmoticonEmoticon